POLITIK
Pramono Anung (harlam/dok)
16/1/2015 17:54:26
1100

Temui Jokowi, Pramono Berikan Saran Soal Kapolri

Harianlampung.com - Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pramono Anung mengaku telah memberikan sejumlah saran kepada Presiden Joko Widodo, terkait polemik calon Kapolri Komjen Budi Gunawan yang berstatus tersangka korupsi. Ia yakin, sarannya merupakan jalan terbaik untuk menyelesaikan polemik itu.

Pernyataan itu disampaikan Pramono usai menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/01). “Saya yakin, masukan saya Insya Allah bisa bikin publik baik, dan hubungan antar lembaga baik," ujar Pramono.

Meski begitu, Pramono tak bersedia membeberkan, masukan apa yang ia sampaikan pada Jokowi. Alasannya, untuk menjaga etika bahwa hal yang ia sampaikan pada Presiden tidak perlu disampaikan kepada publik.

Pramono mengatakan, ia datang atas nama pribadi dan hanya memberikan masukan dari sisi hukum, politik, dan ketatanegaraan pada Presiden Jokowi.

“Saya diminta memberikan pandangan pada beliau. Tapi pandangan itu, saya sampaikan dengan pertimbangan supaya tidak ada ada ketegangan antar lembaga," ujarnya.

Ditambahkan Pramono, Presiden Jokowi tetap harus melanjutkan proses pergantian Kapolri karena DPR telah mengesahkan pemberhentian Jenderal Pol Sutarman sebagai Kapolri dan menggantinya dengan Komjen Budi Gunawan.

“Bagaimanapun sidang paripurna DPR sudah memutuskan dan sudah menjadi kewajiban Presiden untuk menindaklanjuti. Persoalan yang berkaitan pelantikan itu sepenuhnya kewenangan Presiden," tandas dia.
(pin/eh)