POLITIK
Budi Waseso (harlam/dok)
21/1/2015 12:08:23
2767

KPK Imbau Kabareskrim Baru Lapor Kekayaan

Harianlampung.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau Irjen Pol Budi Waseso, yang baru dilantik sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri untuk segera melaporkan harta kekayaannya. Laporan  Harta Kekayaan Penyelenggara Negara- (LHKPN) merupakan kewajiban dari penyelenggara negara.

Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto menyatakan, dengan jabatan barunya sebagai Kepala Bareskrim, Budi Waseso kini termasuk dalam kategori penyelenggara negara. “Siapapun penyelenggara negara, seyogyanya mengetahui untuk melaporkan dan sebaiknya melaporkan LHKPN,"‎ ujar Bambang, kemarin.

Bambang menyatakan, tak ada satupun penyelenggara negara yang diperkenankan untuk mengabaikan pelaporan harta kekayaan. Bahkan, Presiden sekalipun harus melaporkan LHKPN. “Pak Jokowi saja juga melaporkan LHKPN.”

Sebelumnya, Budi Waseso mengakui jika dirinya memang belum menyerahkan LHKPN kepada KPK, yang merupakan kewajiban pejabat negara. Budi beralasan, ia belum mendapatkan formulir LHKPN.

Mantan Kepala Sekolah dan Staf Pimpinan Polri (Kasespim) Polri ini pun mengaku, tidak tahu berapa nilai kekayaan yang dimilikinya. Alasannya kekayaannya tersebut baru akan dihitung.

“Tapi nanti yang menghitung bukan saya. Kalau saya yang hitung, nanti dikatakan bohong. Ini kan harus jujur," ujar mantan Kapolda Gorontalo ini.
(pin/eh)