POLITIK
BKDI (Helmi/dok)
12/11/2014 11:06:39
1268

BKDI Bantah 12 Anggotanya Perusahaan Bodong

Harianlampung.com - Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) membantah pemberitaan yang menyebutkan 12 anggota pialang berjangka anggotanya, masuk dalam  pemberitaan daftar perusahaan “investasi bodong” yang dirilis oleh Otoritas Jasa  Keuangan (OJK) pada 8 November 2014 lalu. Seluruh pialang anggota BKDI telah mengantongi izin usaha.

“Sehubungan dengan ke-12 anggota pialang berjangka Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) yang masuk dalam  pemberitaan daftar perusahaan “investasi bodong” yang dirilis oleh Otoritas Jasa  Keuangan (OJK) pada 8 November 2014 lalu, maka PT BKDI perlu memberikan klarifikasi  mengenai status perusahaan-perusahaan tersebut,” ujar Megain Widjaja, Chief Executive Officer PT BKDI kepada HarianLampung.com, Rabu (12/11).

Dijelaskan Megain, hingga saat ini, terdapat 31 anggota pialang berjangka BKDI yang telah mendapatkan izin operasional dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka  Komoditi (BAPPEBTI) – Kementerian Perdagangan.

Ia menyebut, berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Undang – Undang Nomor 32 Tahun 1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi pasal 6 bahwa BAPPEBTI mempunyai wewenang untuk memberikan izin usaha kepada pialang berjangka.

“Setiap pialang berjangka yang ingin bertransaksi melalui BKDI harus melengkapi  dokumen persyaratan dan telah berstatus badan hukum atau Perseroan Terbatas (PT). Selain itu, untuk melaksanakan kegiatan operasionalnya, pialang tersebut harus mempunyai izin dari BAPPEBTI dan hingga saat ini ke-31 pialang kita sudah mengantongi izin tersebut,” jelas Megain.

(pin/iqb/ftu)