POLITIK
Andrinof Chaniago (Helmi/doc)
13/11/2014 17:04:20
5341

Pemerintah Siapkan 3 Skenario Kenaikan Harga BBM

Harianlampung.com -  Pemerintah menyiapkan 3 skenario terkait kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Namun, belum dijelaskan secara detil mengenai skenario-skenario tersebut. 

“Tidak usah banyak-banyak skenario. Kalau kebanyakan, nanti bingung, paling banyak 3 saja, paling kurang 2,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Adrinof Chaniago usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Kamis (13/11).

Adrinof mengatakan, skema kenaikan harga BBM bersubsidi ini sudah dibicarakan secara informal dengan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityswara. Pemerintah juga akan membicarakan hal itu secara resmi dengan Bank Indonesia. 

Menurut Adrinof, saat ini pemerintah tengah menghitung ulang nilai kenaikan harga BBM. Perhitungan ulang dilakukan menyusul harga minyak dunia yang turun menjadi US$80,85 per barel.

“Sejak dulu harus dikalkulasi. Kalau sedang dikalkulasi ulang, iya. Di Bappenas, di Kemenkeu, nanti disatukan, dilaporkan ke presiden,” kata Adrinof. 

Namun Adrinof tidak menjawabnya kapan kebijakan menaikkan harga BBM subsidi ini diberlakukan. Sebab hal yang mendesak saat ini adalah membangun jaringan pengamanan sosial. 

“Pemerintah, mengedepankan hal tersebut dibandingkan dengan perhitungan kenaikan harga BBM. Jangan nanti bikin keputusan mengejutkan, tetapi masyarakat tidak disiapkan,” ujar Adrinof. 

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, kenaikan harga BBM yang sedianya dilakukan awal bulan November akhirnya ditunda. Penundaan tersebut berkaitan dengan turunnya harga minyak dunia. Untuk itu pemerintah perlu melakukan penyesuaian ulang mengenai berapa nilai kenaikan harga.
(pin/iqb/ftu)