POLITIK
Komisi I DPRD Bandarlampung meninjau PT Sumber Niaga
14/11/2014 10:35:31
1299

PT Sumber Niaga Direkomendasikan Ditutup

Harianlampung.com - Komisi I DPRD Kota Bandarlampung akan merekomendasikan penutupan semua kegiatan PT Sumber Niaga kepada pemerintah setempat. Perusahaan itu tidak memiliki izin, meski sudah beroperasi sejak 2012 dan berdiri di atas lahan sengketa.

Ketua Komisi I Dedi Yuginta usai sidak ke perusahaan tersebut, Kamis (13/11), menjelaskan, PT Sumber Niaga milik Nuryadi atau disapa Ataw tersebut bermasalah.

Sejak berdiri tahun 2012 tidak berizin dan berdasarkan keterangan Badan Pertanahan Nasional Bandarlampung bahwa tanah yang dipakai perusahan milik orang lain yang juga bersengketa dengan pihak perusahaan. 

"Nanti kita rekomendasikan ke eksekutif agar segera menutup sementara segala kegiatan di perusahaan ini," katanya, seraya mengaku akan berupaya maksimal untuk menegakkan peraturan.

Sedangkan Sony, pemilik tanah mengatakan, ia tidak mempersoalkan kerugian yang dialaminya  atas perbuat PT Sumber Niaga yang telah menyerobot lahan tanahnya dengan alasan tanah reklamasi.

Ia hanya mempertahankan haknya dan berharap kepolisian memprosesnya karena masuk ranah hukum. 

Sebelum sidak, Komisi I rapat dengar pendapat dengan BPN dan BPMP serta PT Sumber Niaga. Namun, perusahaan tak memenuhi undangan rapat, yang menyebabkan kekecewaan para anggota dewan.

"Sudah sekian kalinya PT Sumber Niaga tidak hadir, artinya memang mereka merasa salah," kata anggota Komisi I Ernita Sidik.
(din/mf/imr)