POLITIK
Wapres Jusuf Kalla
14/11/2014 18:03:36
2167

JK: Pengumuman Kenaikkan BBM Tunggu Jokowi Pulang

Harianlampung.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan pengumuman kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi menunggu kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari kunjungan kerja di luar negeri.

"Memang kami perlu cepat, Insya Allah begitu Pak Jokowi tiba, itu segera diumumkan supaya menghilangkan keragu-raguan," kata JK di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (14/11).

Menurut JK, saat ini pemerintah sedang melakukan kalkulasi ulang terkait besaran harga kenaikan BBM berdasarkan harga minyak dunia sebesar US$80 dollar per barel dan melemahnya rupiah. 

"Artinya minyak yang dimpor juga naik harganya akibat nilai tukar rupiah tetapi turun harganya karena minyak dunia," ujar JK.

JK menjelaskan pemerintah sedang meng hitung kombinasinya berapa persen kenaikannya. Namun, JK tidak memberikan tanggal pasti kapan BBM akan diumumkan naik. "Tunggu saja, pokoknya tenang saja," ujar JK.

Saat ini, Presiden Jokowi tengah melakukan lawatan ke luar negeri selama 10 hari dan diperkirakan tiba di Indonesia pada 16 November mendatang. Jokowi ke Tiongkok, Myanmar dan Australia untuk menghadiri sejumlah kegiatan internasional.
(mf/nad/imr)