POLITIK
Wagub Lampung Bachtiar Basri dan Kadinkes Hj. Reihana
18/11/2014 10:01:02
2637

Wagub: Kawasan Tanpa Rokok Belum Berjalan

Harianlampung.com - Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Barsi mengatakan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) belum berjalan. Masih banyak pegawai negeri sipil (PNS) pemda setempat yang melanggar.

Hal ini diungkap oleh Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Bachtiar Basri usai upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 50, di Lapangan Korpri, Bandarlampung, Senin (17/11).

Bachtiar mengakui, masih banyak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang melanggara pergub itu. "Ya, masih banyak masyarakat yang belum menyadari kesehatan tanpa merokok. Kita akan terus sosialisasikan pergub ini," ujarnya. 

Kendati demikian, Pemprov Lampung belum bisa menerapkan sanksi bagi pelanggar pergub itu karena peraturan itu masih bersifat himbauan. "Ya, ada sih hukuman atau sanksinya, hanya teguran saja,” ujarnya.

Untuk itu, Bachtiar berharap agar masing-masing individu, baik PNS maupun masyarakat menyadari dan mentaati Pergub KTR. Sebab, bahaya dari asap rokok itu sendiri banyak resiko.

“Harapan kita agar mereka (perokok) menyadari bahwa kalau sudah ada peraturan larang merokok, itu saja," paparnya, seraya mengatakan saat ini masih banyak SKPD belum menyiapkan loakasi tempat merokok.

Sebelumnya, Asisten III bidang Kesejahteraan rakyat (Kesra) Pemerintahan Provinsi Lampung  Elya Muchtar, mengatakan Pergub tentang kawasan tanpa rokok tersebut telah lama menjadi bahasan, saat ini sudah masuk dalam tahap final.

Pergub tersebut akan diberlakukan di tempat-tempat yang masuk dalam wilayah KTR yakni fasilitas kesehatan, rumah sakit dan puskesmas, kawasan pendidikan seperti, kampus dan sekolah, tempat olah raga, sarana bermain anak-anak, transportasi umum, ruang terbuka, dan kawasan perkantoran pemerintah,ujarnya.

"Pergub KTR tentu ada sanksinya, bukannya tidak ada, saat ini kita sedang tindak lanjuti itu " kata Elya Muchtar.
(r6/mf/bln)