POLITIK
Ketua KPU Husni Kamil Manik
18/11/2014 11:22:03
5353

KPU Belum Terbitkan Peraturan Pilkada Serentak

Harianlampung.com - Sekitar 200 daerah di Indonesia akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada tahun 2015. Namun, hingga kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menerbitkan Peraturan KPU terkait pilkada serentak itu.

“KPU akan konsultasi dengan pemerintah dan DPR setelah ada peraturan. Draf PKPU dibahas setelah pembahasan Perpu 01/2014) selesai, ” ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik usai pelantikan anggota KPU se-Lampung, di Bandarlampung, Senin (17/11). 

Setelah PKPU selesai, baru KPU daerah melaksanakan pilkada. “Nanti KPU daerah menerbitkan keputusan yang merujuk pada PKPU,” kata Husni yang mengaku belum tahu kapan peraturan itu kelar karena Perpu 01/2014 belum selesai dibahas di DPR.

Untuk daerah yang masa jabatan kepapa daerahnya berakhir sebelum pelaksanaan Pilkada, Husni memastikan akan ada pelaksana tugas jabatan kepala daerah. 

“Perintah (dalam Perpu) bahwa Pilkada serentak, konsekwensi perintah itu bagi kepala daerah yang akhir masa jabatan sebelum pemilu, di daerah itu dipimpin plt,” ucapnya.

Jika ternyata nanti Perpu 01/2014 ditolak DPR, maka pilkada serentak yang disusun KPU juga batal. “Kalau Perppu ditolak, proses yan sudah dijalankan, dihentikan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengatakan mereka menunggu perintah dari KPU Pusat mengenai tahapan jadwal pilakda serentak. 

“Tahapan pilkada serentak itu yang menentukan KPU pusat. Tidak seperti UU 32/2004, pilgub misalnya, kewenangan penuh KPU provinsi. di Perppu, penanggungjawab pilkada Lampung Selatan misalnya, itu KPU Lampung Selatan sampai KPU RI,” kata dia. (
(r5/mf/bln)