POLITIK
Ketua KPU Bandarlampung Fauzi Heri
18/11/2014 11:52:10
3409

14 KPUD se-Lampung Pleno Pilih Ketua

Harianlampung.com - Usai pelantikan sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), 14 KPU kabupaten/kota di Lampung langsung menggelar rapat pleno pemilihan ketua KPU daerah masing-masing.

Pelantikan berlangsung di Bandarlampung, Senin (17/11), oleh Ketua KPU Husni Kamil Manik. Dalam pelantikan itu, komisioner KPU daerah diminta menyerahkan nama ketua masing-masing sesuai hasil pleno mereka. 

Ketua KPU Waykanan Iskardo P Panggar mengatakan, terpilihnya kembali sebagai komisioner karena kepercayaan dari KPU Lampung. Ia berjanji akan bekerja maksimal sebagai penyelenggara pilkada.

Komisioner KPU yang baru terpilih, Wanahari mengakui hal serupa. Sebagai mantan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), ia mengatakan tugas sebagai penyelenggara menjadi lebih berat lagi. 

“Saya sebelumnya PPK Kecamatan Mataram Baru, Lampung Timur. Alasan saya mendaftar KPU ideal saja, ingin mengawal demokrasi secara aktif. Alasan pribadi pekerjaan, finansial, tidak bisa dinafikan,” kata PPK Pilpres yang biasa menerima honor Rp1 juta per bulan ini.

Mengenai azas penyelenggara pemilu yang disampaikan Ketua KPU Lampung dalam sambutannya, Wanari sedikit terbata-bata. “Azas penyelenggara, profesionalitas, proporsiopnal, jujur, kepentingan umum, efektifitas, dll, itu azas penyelenggara. Kadang-kadang salah karena ada juga azas pemilu,” kata dia. 

Berikut Ketua KPU 14 kabupaten/kota se-Lampung:

1.       KPU Lampung Selatan : M. Abdul Hafid 

2.       KPU Bandarlampung:  Fauzi heri,

3.       KPU Way Kanna: Iskardo P Panggar

4.       KPU Tulangbawang : Reka Punnata

5.       KPU Pesawaran: Amin Udin

6.       KPU Metro: Sukatno

7.       KPU Lampung Tengah : Budi Hadi Yunanto

8.       KPU Tanggamus : OttoYuri Saputra

9.       KPU Mesuji : Saiful Anwar

10.   KPU Lampung Barat: Imtizal

11.   KPU Lampung Timur: Andri Oktavia

12.   KPU Tulangbawang Barat: Ismanto

13.   KPU Lampung Utara : Marthon

14.   KPU Pringsewu: Warsito

(r5/mf/bln)