POLITIK
Wali Kota Bandarlampung Herman HN
18/11/2014 12:46:08
3993

Herman: Perbaiki, 26 Mesin KTP-El yang Rusak

Harianlampung.com - Wali Kota Bandarlampung Herman HN meminta agar 26 mesin perekam dan sistem jaringan KTP Elektronik (KTP-El) di kecamatan, segera diperbaiki. Pasalnya, akibat kerusakan ini pembuatan KTP-El terhambat.

"Ya, harus segera dibenarkan dong kalau rusak. Minta pemborong dari pusat yang membenarkan mesin itu," ujar Herman HN usai membuka Pekan Olahraga Kecamatan (Porcam) Langkapura di Lapangan Kompi Senapan B Yonif 143 Tri Wira Eka Jaya, Kemiling, Senin (17/11).

Terkait dengan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 dan Perpres Nomor 112 Tahun 2013 tentang KTP Siak atau non elektronik berlaku sampai 31 Desember 2014, Herman menegaskan pihaknya tidak akan memberlakukan kedua peraturan tersebut di Bandarlampung. Hal ini karena hampir seluruh warganya belum mendapatkan KTP-El.

"Jangan membohongi rakyat lah. Kalau memang belum, ya belum. Jangan 2015 diberlakukan semua. Memangnya mereka sudah bisa selesaikan semua KTP-El itu, jangan asal ngomong saja," tukasnya. 

Dia menyayangkan, sikap pusat yang tidak memperhitungkan kondisi di lapangan saat ini. "Kalau semua sudah dicetak dan dikasih ke Disdukcapil pasti juga sudah kita bagikan ke masyarakat. Ini saja sampai ada yang buat sampai 2 tahun belum jadi-jadi. Harusnya pusat berpikir sehat," tegasnya.

Saat disinggung apakah pemkot akan mengirimkan surat untuk percepatan pengiriman KTP-El, mantan Kadispenda Provinsi Lampung ini mengaku tak akan melakukannya. "Nggak perlu pakai surat, temui saja langsung orangnya. Pakai surat kelamaan," pungkasnya. 
(r4/mf/bln)