POLITIK
Nanang Trenggono (harlam/dok)
24/2/2015 08:12:10
1272

Jabatan Sekretaris KPU Lampung Dilelang

Harianlampung.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memutuskan untuk melelang jabatan sekretaris KPU provinsi dengan pangkat eselon II. KPU Lampung kemudian menindaklanjuti dengan melakukan pembentukan tim seleksi.

Rencananya pada 1 Maret 2015, jabatan sekretaris KPU Lampung mulai dilelang untuk PNS yang memenuhi persyaratan.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono, dalam konferensi pers bersama tiga komisioner KPU Lampung lainnya, mengatakan KPU RI sudah menyosialisasikan rencana lelang jabatan sekretaris KPU Lampung ini.

“Diputuskan bahwa jabatan eselon II di lingkungan KPU provinsi harus lelang terbuka. Jadi dalam rapimnas pada 6-9 febbruari 2015, diputuskan ada seleksi terbuka, KPU RI melakukan pleno 9 Februari 2015, kemudian 13 Februari 2015 Sekjen KPU RI mengeluarkan surat bernomor 188/SJ/II/2015 tentang seleksi terbuka sekretaris KPU Provinsi,” kata Nanang, Senin (23/2).

Saat ini, kata Nanang, sudah ada tiga KPU Provinsi yang memasukkan usulan lelang jabatan sekretaris ke KPU RI, yakni Lampung, Banteng, dan Jawa Timur. KPU Lampung juga sudah berkoordinasi dengan Pemprov Lampung terkait lelang jabatan ini.

“17 Februari kita sudah menyampaikan ke gubernur, karena kita juga diminta koordinasi dengam pemda,” tandansya.

Untuk tahapan seleksi, KPU Lampung juga sudah membentuk panitia lelang jabatan. “Kita sudah bentuk tim sesuai edaran dari Sekjek KPU RI, dua dari komisioner KPU yakni Bu Handi dan Pak Fauzan, satu dari akademisi diwakili pak Rudi, dan dari kalangan profesional praktisi hukum M. Ridho, dan terakhir asisten IV Pemprov Lampung Hamartoni Ahadis mewakili pemda,” ungkapnya.

Rencananya Panitia Seleksi membuka pendaftaran pada 1-15 Maret mendatang. Pemberitahuan mengenai pendaftaran akan diumumkan melalui media dan web site KPU Lampung serta ditempel di papan pengumuman KPU Lampung.

Sementara Komisioner KPU Lampung, Handi Mulyaningsih memastikan lelang jabatan sekretaris KPU Lampung ini tidak berkaitan dengan polemik sekretaris KPU Lampung lalu. Ketika itu sekretaris KPU Lampung non aktif dipermasalahkan komisioner KPU Lampung karena melantik sejumlah pejabat di lingkungan KPU.

“Sebelumnya KPU RI sudah melakukan lelang serupa untuk eselon II di KPU RI. Jadi lelang ini bukan karena ada masalah di KPU kemarin itu (polemik sekretaris KPU),” kata Handi sebagai ketua tim seleksi lelang jabatan sekretaris KPU Lampung.

Jadwal detail pelaksanaan seleksi, kata Handi, masih menunggu SK sebagai tim seleksi dari Sekjek KPU RI. “Jadwal detail masih menunggu persetujuan, yang penting pansel segera di SK-kan kemudian kita buka pendaftaran,” kata dia.

Proses pendaftaran dan seleksi, menurutnya, dilakukan di KPU Lampung. “Prosesnya sekitar satu bulan, kita sudah mendapatkan tiga nama hasil seleksi yang kita usulkan ke Sekjen KPU RI,” ungkapnya.
(bayu/mf/eh)