POLITIK
Kadinkes Lampung Reihana saat kampanye HIV/AIDs
19/11/2014 14:07:50
26693

Lampung Sudah Tangani 182 Kasus HIV

Harianlampung.com - Menjelang peringatan Hari AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) Sedunia yang jatuh pada 1 Desember mendatang, Lampung sudah menangani 182 kasus HIV. 

"Jumlah itu tercatat hingga Oktober 2014," ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dr.Hj. Asih Hendrastuti, mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Lampung dr. Reihana, Selasa (18/11).

Menurut dia, umumnya mereka yang terjangkit adalah perempuan dan anak-anak dengan persentase 56 persen perempuan dan anak anak, serta 44 persen laki-laki.

Asih mengatakan, kasus HIV pada masyarakat Lampung menurun bila dibandingkan dengan tahun 2013 mencapai 185 orang. Hal ini karena Lampung mempunyai rumah sakit layanan penderita HIV/AIDS mulai tahap VCT (voluntary counseling test), CST (care support treatment), PMTCT (pencegahan penularan dari ibu ke bayi) di RSUDAM. Bandarlampung, hingga LASS (layanan alat suntik steril).

Ia juga mengatakan, pengobatan khusus pasien HIV/AIDS seluruhnya tidak dipungut biaya karena ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada ODHA (orang dengan HIV/AIDS).

Selain itu, Provinsi Lampung dapat mempertahankan prevalensi HIV/AIDS 0,5 persen hingga sekarang 0,01 persen. Sedangkan persentase ODHA yang mendapat anti-treatment 100 persen hingga pengetahuan komprehensif masyarakat usia 15-24 tentang HIV/AIDS  95 persen.

Sedangkan untuk kasus ebola, Asih memastikan Lampung steril. Ia menginformasikankan Diskes terus berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Panjang, Bakauheni, dan Bandara Radin Inten II, sehingga setiap data pergerakan kami tentu tahu perkembangannya,tandasnya. 
(net/r6/mf/bln)