POLITIK
Ilustrasi (harlam/dok)
27/2/2015 15:36:53
1120

Hingga Sabtu, Cuaca Lampung Berawan dan Hujan Sedang

Harianlampung.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hingga Sabtu (28/2), cuaca Kota Bandarlampung, Metro, dan Gedongtataan, berawan. Sedangkan kabupaten dan kota lainnya  hujan ringan hingga hujan sedang.

Suhu di daerah Lampung rata-rata 23 hingga 32 derajat celcius, kecuali Liwa dan Tanggamus yang berkisar 16 hingga 27 derajat celcius. Arah angin timur laut, dengan kelembaban 58 hingga 95 persen.

Data BMKG yang dikeluarkan Jumat (26/2), menjelaskan, wilayah Sumatera sebagian besar cerah berawan. Potensi hujan akan terjadi pada sore hari di Lampung, Padang, Bengkulu, dengan intensitas ringan.

Sedangkan cuaca di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, pada pagi hari terpantau cerah cerah. Potensi hujan akan mengguyur wilayah Tangerang, Bogor dan Bekasi dengan intensitas ringan pada siang hari.

Hujan pada malam hari akan meluas ke Jakarta Utara dan Jakarta Pusat dengan intensitas ringan.

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik terjadi di Selat Karimata. Pertemuan angin memanjang di Sumatera bagian Selatan, Laut Jawa, Laut Banda, hingga Laut Arafura.

Perlambatan kecepatan angin terdapat di Laut Arafura Selatan. Kelembaban udara cukup tinggi di sebagian besar Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Papua. Kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan hampir di sebagian besar wilayah Indonesia.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga Sabtu, 28 Februari, antara lain Aceh bagian Barat, Sumatera Utara bagian Barat, dan Bengkulu. 
(riz/eh)