POLITIK
Tantowi Yahya (Helmi/dok)
19/11/2014 18:10:37
9766

Golkar Percepat Munas IX, 30 November 2014

Harianlampung.com - Sidang Komis A pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar memutuskan untuk mempercepat jadwal pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) IX. Sebelumnya diagendakan Januari 2015, kini menjadi 30 November 2014. Munas akan digelar di Bandung, Jawa Barat.

“Keputusan ini telah disepakati dalam sidang di komisi A,” ujar Ketua DPP Golkar Tantowi Yahya kepada pers di Media Center Hotel Melia Purosani, Yogyakarta, Rabu (19/11).

Sidang Komisi A Rapimnas Golkar salah satunya diikuti oleh Ketua DPP Aziz Syamsuddin. Berdasarkan penjelasan Aziz, ujar Tantowi, percepatan Munas tak melanggar aturan. “Hal itu bisa dilakukan dan tidak ada yang dilanggar. Pak Aziz juga berpendapat kepemimpinan ARB bisa diperpanjang bila perlu."

Tantowi  menyebut, sesuai rekomendasi Munas VIII Golkar, Munas IX memang seharusnya digelar pada 2015. Rekomendasi itu keluar untuk mengantisipasi bila ada kader Golkar yang bertarung di Pilpres 2014, dan pilpres berlangsung dalam 2 putaran. Namun ternyata tak ada kader Golkar yang bertarung di Pilpres 2014 dan ternyata pilpres selesai dalam 1 putaran karena hanya ada 2 pasangan. “Jadi tidak ada larangan bagi Partai Golkar untuk melakukan Munas sebelum tahun 2015. Tak ada pasal yang dilanggar dan itu konstitusional," ujar dia.

Tantowi membantah perubahan jadwal Munas ini menguntungkan kandidat tertentu. “Saya kira tidak ada pihak yang diuntungkan dengan Munas 30 November nanti, dan saya rasa semua calon juga sudah melakukan sosialisasi di daerah-daerah," ujar Tantowi.
(pin/ftu/des)