POLITIK
Kantor Bupati Lampung Selatan. (harlam/dok)
11/3/2015 13:42:15
3269

Dari Uang Rakyat, PNS Lamsel Dapat Jaminan Kecelakaan Kerja

Harianlampung.com - Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Lampung Selatan pada 2015 ini akan dimasukan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Program ini mulai berlaku pada Juli 2015, sedangkan anggarannya dibebankan dari uang rakyat atau APBD.

"Kami sedang sosialisasi ke satuan kerja Pemkab Lamsel, mengenai besaran plafon dan tata caranya. Tidak ada pemotongan gaji mereka dalam program ini, karena anggarannya melalui APBD,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang kalianda, Aziz Muslim, Rabu (11/3).

Program tersebut, katanya, sudah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tentang pentahapan kepersertaan program jaminan sosial pekerja yang bekerja.

Program ini juga akan diterapkan kepada TNI, Polri, dan anggota DPRD. Jika sebelumnya peserta JKK dibatasi plafon pembiayaannya, nanti pekerja yang terkena musibah atau kecelakaan termasuk TNI/Polri dan PNS, biaya perawatannya ditanggung BPJS Ketenagakerjaan sampai sembuh dan dipekerjakan kembali.

Jenjang kepangkatan dan kepegawaian TNI/Polri dan PNS memperoleh perawatan, perlindungan sosial yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan, sifatnya perlindungan dasar. Yang bersangkutan dimungkinkan menambah memperoleh perawatan yang diinginkan.

Kepala BPKAD Lampung Selatan Minhairin membenarkan adanya keikutsertaan PNS pada program JKK dan JKM  BPJS Ketenagakerjaan melalui alokasi APBD.

“Jumlahnya saya lupa, tapi per Juli ada anggaran untuk program itu," kata dia.
(supradianto/riz/eh)