POLITIK
Mustafa (harlam/dok)
16/3/2015 21:44:55
1418

Lamteng Tingkatkan Sentra Komunikasi Masyarakat

Harianlampung.com - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) mendorong peningkatan peran Sentra Komunikasi Masyarakat (Senkom) untuk menekan angka kriminalitas.Tak hanya itu, ke depan anggota Senkom juga akan diberdayakan untuk membantu penanggulangan bencana alam.

Wakil Bupati Lampung Tengah Mustafa, Senin (16/3), usai bertemu ratusan anggota Senkom Lampung Tengah di rumah dinasnya mengatakan, tingkat kriminalitas di kabupaten itu masih cukup tinggi. Ini berdampak pada meningkatnya kerawanan sosial di tengah masyarakat.

Menurut Mustafa, koordinasi dengan anggota Senkom dilakukan untuk mendorong  peningkatan peran anggota dalam mencegah dan mengatasi kerawanan sosial di tengah masyarakat. Anggota Senkom berkoordinasi langsung dengan kepolisian dan TNI untuk mengatasi tindak kriminalitas.

"Kalau terjadi kejahatan, mereka harus segera berkoordinasi dengan aparat hukum, agar tidak sampai terjadi tindakan main hakim sendiri. Sehingga persoalan tidak melebar," kata Mustafa pada harianlampung.com.

Sedangkan koordinasi dengan aparatur kampung, tokoh masyarakat dan hansip, lanjut dia,  dilakukan untuk menggerakkan kegiatan yang bertujuan mencegah terjadinya tindak kejahatan.

"Mulai dari koordinasi dengan tokoh masyarakat, aparat kampung dan hansip harus dilakukan agar dapat mencegah kemungkinan terjadinya tindak kriminalitas," terangnya .

Ke depan, kata Mustafa, Pemkab Lampung Tengah akan menggelar pelatihan untuk meningkatkan keterampilan anggota Senkom.

Saat ini, Senkom di Lampung Tengah telah dibentuk di 21 kecamatan. Tujuh kecamatan lainnya juga akan segera dibentuk kepengurusan Sekom.
(ferly/mnz/eh)