POLITIK
Rycko Menoza SZP
25/11/2014 22:47:43
3044

PWI Lampung Paling Banyak Gelar UKW

Harianlampung.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memiliki sekitar 14 ribu anggota di seluruh Indonesia. Baru sebagian kecil anggota PWI yang kompeten terhadap profesinya atau telah lulus Ujian Kompetensi Wartawan (UKW).

"Saya mewakili PWI Pusat memberi apresiasi tinggi, karena di Lampung paling banyak menggelar UKW dan paling banyak wartawan yang berkompeten. Saya yang diberi tugas merasa bahagia dengan ini," kata pada  UKW ke-X di Kalianda, Lampung Selatan, Selasa (25/11).

Ia menyebutkan, dari seluruh anggota PWI di Indonesia, hanya 4.300 wartawan  yang kompeten. "Tapi, di Lampung hampir 100 persen wartawannya berkompeten," ujarnya seraya menilai, sukses pelaksanaan UKW tak luput dari dukungan semua pihak, termasuk pemerintah.

Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP, saat membuka UKW di Aula Rajabasa Perkantoran Pemkab Lamsel, menyatakan mengapresiasi UKW yang dilaksanakan di daerahnya.

Kegiatan ini, bernilai penting dan strategis karena meningkatkan krediblitas wartawan. Sehingga, menurut Rycko, produk jurnalistik yang dihasilkan semakin berkualitas, memenuhi standar kewartawanan.

Pada tahap berikutnya, pemerintah akan terbantu karena memperoleh banyak masukan positif dari media, sehingga kualitas pembangunan juga semakin baik, berkualitas, karena ada masukan atau kontrol dari teman-teman media, ujarnya.

Ketua PWI Cabang Lampung Supriyadi Alfian menyatakan, khusus wartawan yang berkompeten di Kabupaten Lamsel berjumlah 21 orang dari berbagai media, dengan perincian 1 tingkat utama, 5 tingkat madya, dan 15 tingkat muda.

"21 wartawan ini sudah berkompeten. Mudahan-mudahan dengan UKW ke-X di Lamsel ini, akan menambah kembali wartawan berkompeten di kabupaten ini," katanya.

Selain itu, UKW untuk menciptakan wartawan yang berkompeten, kredibilitas, profeisonal. Juga berdasarkan aturan dewan pers yang telah ditetapkan.

Pemerintah ke depan diperbolehkan menanyakan atau ingin mengetahui si wartawan yang berkompeten dengan dibuktikan kartu UKW yang dikeluarkan Dewan Pers.

UKW disediakan 6 penguji dengan rincian 3 orang dari PWI pusat yakni Direktur UKW PWI Pusat Usman Yatin dan Kabid Pendidikan PWI Pusat Ny. Rita. Sedangkan penguji dari Provinsi Lampung yakni, Supriyadi Alfian, Iskandar Zulkarnain, Nizwar.

Peserta UKW ke-X sebanyak 34 orang, 27 orang dari Kabupaten Lamsel, 7 orang lainnya dari Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Cabang Lampung.
(ded/mf/imr)