POLITIK
Herman HN (harlam/dok)
24/3/2015 09:30:23
1680

April, Puskesmas Bandarlampung Buka Tiap Hari

Harianlampung.com - Wali Kota Bandarlampung, Herman HN menginstruksikan, agar seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) induk dan pembantu dapat buka setiap hari, demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Selain itu, wali kota mengklaim peningkatan pelayanan medis, dengan buka setiap hari, juga bisa meningkatkan penghasilan tenaga medis di Puskesmas.

Instruksi itu dikatakan Herman saat rapat koordinasi (rakor) dengan seluruh tenaga medis, di Gedung Semergou, Senin (23/3).

“Saya minta harus buka setiap harinya. Masak iya kalah sama Kosasih yang buka selama 24 jam,” ujar Herman kepada seluruh pegawai Dinkes yang hadir saat itu.

Dia mengungkapkan, jika memang para pegawai puskesmas merasa keberatan lantaran tak ada jadwal libur, maka harus dibuatkan jadwal piket.

“Ya dibuatkan saja jadwal piketnya. Kalau hari Sabtu kan biasanya rawat inap setengah hari, ini buka sampai jam 6, hari minggu baru setengah hari. Yang puskesmas pembantu juga, kalau sabtu libur, ya tetap masuk. Dibuat saja jadwalnya,” terang Herman.

Orang nomor satu di Kota Tapis Berseri ini juga menambahkan, hal ini untuk mendukung pelayanan kesehatan masyarakat. Termasuk mensukseskan program kesehatan gratis yang sudah digulirkan sejak tahun lalu.

“Jadi saya mau setiap puskesmas itu ada dokter satu, jadi biar bisa menangani pasiennya dengan baik. Kalau untuk poskeskel memang belum bisa ada dokter, baru 1 bidan dan 2 perawat saja,” ujar Herman.

Untuk program puskesmas buka setiap hari, sambungnya, akan mulai diterapkan pada awal April mendatang. “Ya nanti per 1 April sudah kita terapkan untuk buka setiap harinya,” katanya.
(Iqbal/andi/mf/eh)