POLITIK
M. Ridho Ficardo dan Imam Nahrawi (gede/dok)
09/4/2015 20:29:03
3412

Indonesia Hadapi Invasi Budaya Asing dan Narkoba

Harianlampung.com - Indonesia kini menghadapi invasi budaya dari negara-negara asing. Belum lagi penyebaran narkoba yang makin marak di generasi muda.

"Keduanya jika dibiarkan akan menjadikan bangsa ini  bangsa terjajah. Yang akhirnya menghancurkan Indonesia," kata Menpora Imam Nahrawi saat seminar nasional sekaligus Deklarasi Pemuda Kader Revolusi Mental Indonesia di GSG Universitas Lampung (Unila), di Bandarlampung, Kamis (9/4).

Menpora menilai generasi muda merupakan generasi yang masih suka berubah-ubah. "Istilah kerennya labil, Anak muda muda yang paling dekat dengan teman sebayanya," katanya.

Wajar, kata dia, pengaruh teman sebaya begitu terasa. Akibatnya, anak muda lebih suka ikut-ikutan. Ini yang harus disiasati. Anak muda kalau diajak baik, dia ke depannya baik. Kalau diajak salah, maka ke depannya dia terus sesat.

Menpora mengajak mahasiswa mengisi masa muda dengan kegiataan bermanfaat. Berkumpul dengan teman, nongkrong, dan bersosialisasi  penting.

Tularkan semangat positif ke orang-orang terdekat. Jika bisa mengubah orang menjadi positif, lalu semangat ini menular, bukan tak mungkin orang lain  ikut berubah positif.

"Semakin banyak yang berubah, semakin baik, inilah yang dinamakan revolusi mental," katanya.

Sekitar 5 ribu orang menghadiri acara seminar kepemudaan dan diskusi panel ini. Mayoritas mahasiswa Unila dan sejumlah kampus negeri dan swasta di Bandarlampung.

Juga perwakilan dari SMA dan SMK setempat. Salah satu fokus seminar adalah faham radikalisme dan terorisme yang dikhawatirkan berkembang di kalangan muda.

Menpora mengatakan, kunjungan kerja ke Lampung yang pertama sejak ia dilantik sebagai menteri. "Ini provinsi pertama yang saya kunjungi. Saya harap pemuda-pemudi menjadi yang pertama menjalankan revolusi mental," kata Imam.

Acara itu dihadiri Gubernur Lampung M Ridho Ficardo bersama jajaran Fokorpimda Pemprov Lampung. Juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Saud Usman Nasution.
(iqbal/riz/eh)