POLITIK
Ilustrasi
01/12/2014 17:15:49
1898

Kini, Kepala Daerah Ajukan Sendiri Wakilnya

Harianlampung.com - Peraturan Pemerintah tentang Tata Cara Pengusulan dan Pengangkatan Wakil Kepala Daerah sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo.

Berbekal PP No. 102 Tahun 2014 ini, kepala daerah tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang tidak memiliki wakil kepala daerah, dapat mengirimkan nama ke Kementerian Dalam Negeri untuk disampaikan kepada Presiden.

Di Lampung saat ini tercatat Kabupaten Lampung Utara yang tidak memiliki kepala daerah. Dengan demikian, polemik teratasi karena Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara bisa menentukan wakilnya berdasarkan pilihannya sendiri. Ia tidak lagi harus mengacu pada DPRD.

"PP ini ditetapkan dan diundangkan tanggal 1 Desember 2014," kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Djohermansyah Djohan, Senin (1/12).

Menurut Djohermansyah, ada dua poin penting dalam PP tersebut. Pertama, soal jumlah wakil gubernur. Jika mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Pemilihan Kepala Daerah nomor 1 tahun 2014, daerah yang memiliki penduduk lebih dari 3 juta jiwa memiliki dua wakil gubernur.

Selain itu, dalam PP ini disebutkan wakil gubernur bisa berasal dari Pegawai Negeri Sipil atau non-PNS, seperti akademikus, jurnalis, maupun pemimpin pengusaha. Adapun, calon wakil gubernur diusulkan oleh gubernur langsung ke presiden melalui Mendagri.

Kemudian, apabila sudah disetujui presiden, menurut Pasal 172 Perpu, wakil gubernur akan dilantik gubernur.
(riz/mf/imr)