POLITIK
Bangunan Sekolah di Bengkunat. (sam/harlam)
02/12/2014 16:21:16
16445

Di Bengkunat, Bangunan Sekolah Rusak Parah

Harianlampung.com - Peningkatan mutu pendidikan menjadi program utama yang digembor-gemborkan pemerintah baik, pusat mau pun daerah.  Ironis, manisnya janji program tersebut  justru berbading  terbalik dengan kenyataan di lapangan.

Bukan rahasia, jika banyak sarana dan prasarana pendidikan di daerah, terutama pada wilayah–wilayah terpencil,  kondisinya  sangat memperihatinkan. Bahkan tidak layak digunakan sebagai tempat pendidikan.  

Kondisi ini terjadi di salah satu bangunan sekolah di Pekon (desa) Wayharu, Kecamatan Bengkunat Belimbing, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Hampir seluruh bangunan sekolah tersebut dalam kondi rusak. Beberapa bagian dinding bangunan yang terbuat dari panpan tampak belubang di sana-sini. Bagian atap, mulai lapuk termakan usia. Bahkan dikhwatirkan, roboh.           

Padahal, gedung sekolah merupakan tempat pelaksanaan proses kegiatan belajar  mengajar dari tingkat SD, SMP dan SMA Filial (kelas jauh). Jumlah siswa di sekolah ini sekitar 1.000 orang yang berasal dri empat pekon yakni, Pemerihan, Wayharu, Badardalam dan Pekon Siringgading.

Margono, Kepala SD setempat mengatakan, kerusakan bangunan sekolah itu sudah lama terjadi sejak  wilayah tersebut masih menjadi bagian dari Kabupaten Lampung Barat.

“Sejak tahun 2009 kami sudah berkali-kali mengajukan bantuan rehab dan penambahan gedung. Waktu itu kepada Pemkab Lampung Barat , tapi sampai  daerah ini dimekarkan menjadi Kabupaten Pesisir Barat,  belum ada realisasinya,“ tutur Margono.        

Menurut Margono, bantuan yang didapat  baru sebatas pembangunan ruang perpustakaan .

"Kami berharap, pemeritah segera memberikan batuan rehab gedung. Agar proses belajar -mengajr di sekolah ini dapat berjalan lebih maksimal sebagai mana mestinya,“ ungkpanya.
(bln/mf/hl)