POLITIK
Badrodin Haiti (harlam/dok)
20/4/2015 16:38:55
898

Kapolri: Tingkat Kerawanan Pilkada, Lebih Tinggi

Harianlampung.com - Pada akhir tahun ini, pemerintah akan menggelar ratusan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak. Helat demokrasi ini dinilai jauh lebih rawan konflik dibandingkan pemilu legislatid dan Pemilihan Presiden 2014 lalu.

Kepada pers, di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Senin (20/04), Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengatakan, Pilkada serentak merupakan tantangan bagi institusi kepolisian. Ia berjanji, Polri akan melakukan usaha pengamanan secara maksimal. "Pilkada serentak ini saya perkirakan tingkat kerawanannya lebih tinggi dari pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden," ujar Badrodin.

Ditambahkannya, pilkada secara langsung tersebut memiliki potensi konflik yang cukup besar. Sebab, interaksi antara elite politik dengan tingkat bawah relatif kuat. “Kami sekarang sudah siapkan, apa-apa saja yang memicu konflik dan bagaimana kita meminimalisirnya," ujarnya.

Oleh karena itu, sambung dia, kepolisian akan mengambil langkah-langkah konkrit untuk mengantisipasi adanya kerawanan konflik sosial akibat pilkada tersebut. Dia meminta jajaran Polri untuk solid dalam melaksanakan tugas.

“Karena kita menghadapi tantangan ke depan lebih berat, sehingga masing-masing dari kami harus bersinergi, harus solid, harus bekerjasama secara internal untuk bisa melakukan tugas dengan baik," tandas Badrodin.
(pin/eh)