POLITIK
Badrodin Haiti (harlam/dok)
04/5/2015 16:01:42
586

Kapolri Sarankan Pilkada Digelar dengan Pendekatan Daerah

Harianlampung.com - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menyarankan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pilkada serentak dengan pendekatan daerah. Usulan itu disampaikan Badrodin saat menjadi pembicara dalam rapat koordinasi persiapan pilkada serentak, di Balai Kartini, Jakarta, Senin (04/05).

"Pelaksanaan pilkada serentak ini kita sarankan lebih pada pendekatan daerah. Kalau ada pilkada di suatu provinsi, sebaiknya memang seluruh kabupaten/kotanya juga pilkada serentak," kata Badrodin.

Badrodin menjelaskan, jika usulan itu direalisasikan maka akan berdampak pada efisiensi anggaran dan kemudahan dalam menjaga suasana kondusif tahapan sampai pada pelaksanaan pilkada.

Namun Badrodin juga sadar ada kendala besar karena perbedaan masa tugas para kepala daerah dan sulit untuk menyamakannya. "Dari sisi efisiensi dan pengamanan, itu akan mudah, dan efisien secara anggaran," ujar Badrodin.

Rangkaian pelaksanaan pilkada serentak dimulai pada 9 Desember 2015 di 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 36 kota. Pilkada selanjutnya digelar pada Februari 2017 di 7 provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota. Pada Juni 2018, akan digelar pilkada di 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota.

Pilkada serentak secara nasional akan digelar pada tahun 2027 di 541 daerah. Pelantikan gubernur terpilih akan dilakukan oleh presiden secara bersamaan di Istana Negara. Untuk bupati dan wali kota, pelantikannya akan tetap dilaksanakan dalam sidang paripurna DPRD kabupaten/kota.
(pin/eh)