POLITIK
Tulus Purnomo (bayu/harlam)
08/12/2014 19:35:07
4366

DPRD Setuju Penghapusan Kurikulum 2013

Harianlampung.com - DPRD Provinsi Lampung setuju dengan rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud) untuk menghapus kurikulum 2013. Sebab, kurikulum ini belum bisa diterapkan sampai ke daeran dan materi pembelajarannya juga kurang dipahami.

 Anggota Komisi V DPRD Lampung, Tulus Purnomo setuju apabila Kemendikbud menerapkan kurikulum 2006 dalam sistem pendidikan di Indonesia. Dengan dikembalikannya kurikulum ini, diharapkan semua materi pembelajaran bagi pelajar bisa lebih bermanfaat.

Dijelaskannya, pemerintah pusat juga sampai dengan saat ini belum memiliki kesiapan untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 itu, terutama dari segi sarana, prasarana, termasuk kesiapan guru dan buku pegangan.

"Kurikulum ini (2013) dianggap terlalu rumit, baik guru maupun siswa. kalau memang rumit, kenapa tidak kembali ke kurikulum 2006, yang dianggap mudah dan cepat dipahami siswa. Jika pelajaran itu sulit dimengerti, ditakutkan siswa hanya mendapatkan ilmu selintas saja," ujar Tulus di ruang kerjanya kepada harianlampung.com, Senin (8/12).

Ditambahkan Tulus, selain sulit untuk diterapkan, hingga saat ini buku-buku kurikulum 2013 belum terdistribusi dengan baik, bahkan banyak sekolah yang ada di Lampung belum menerima buku pegangan belajar mengajar.

Sementara tahun ajaran 2014 ini sudah hampir menuntaskan semester satu. Selain itu, banyak keluhan dari para guru juga yang memang keberatan jika kurikulum 2013 terus berjalan.

"Makanya, saya sangat sepakat dilakukan penghapusan kurikulum 2013, sebab sangat menyulitkan sekolah-sekolah dalam implementasi kegiatan belajar mengajar. Selama ini sangat memberatkan para guru, mereka kebingungan dalam memberikan penilaian," ucapnya.

 Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Heri Sulistiyo mengatakan, pihaknya menyetujui saja kalau memang kurikulum itu akan dihapus oleh Kemendikbud.

 “Kita di bawah ini hanya menjalankan instruksi pusat, apapun program yang dikeluarkan kementerian, kita siap menjalankannya,” ujarnya singkat. (bayu/mf)