POLITIK
Agung Ilmu Mangkunegara dan Rahmat Hartono (defri/harlam)
11/12/2014 15:17:34
2968

DPRD Lampura Sahkan Raperda RPJMD

Harianlampung.com - Setelah sempat tersendat, akhirnya DPRD Lampung Utara (Lampura) mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Kamis (11/12) sekitar pukul 10:00 WIB.

Sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Lampung Utara, Rahmat Hartono ini dihadiri  42 anggota legislatif.  Paripurna  berjalan  lancar, lantaran seluruh anggota DPRD yang hadir secara bulat menyetujui RPJMD Lampura tahun 2014-2019.

"Atas nama pemkab, saya memberikan apresiasi tinggi atas kinerja dan kerja sama solid yang   ditunjukan anggota DPRD hingga mencapai kata sepakat untuk mengesahkan Raperda RPJMD ini," kata Bupati Agung Ilmu Mangkunegara, di gedung DPRD setempat. 

Menurut bupati, pengesahan Raperda RPJMD ini merupakan tindaklanjut dari amanat peraturan yang akan menjadi pedoman atau pengendalian rencana pembangunan daerah selama lima tahun ke depan.  Melalui RPJMD ini, lanjut dia, rencana pembangunan di Lampura akan menjadi lebih terarah dan dapat meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengontrol  pelaksanaan progam pembangunan. "RPMJD ini akan membuat pembangunan di Lampura jadi lebih terarah," terang bupati.

Bupati berharap, hubangan kerja harmonis antara  legislatif dan eksekutif dapat terus terbangun. Ini agar  penyelenggaraan pembangunan dapat berjalan lancar tanpa kendala berarti. "Semoga harmonisasi ini  tetap terbangun sehingga program pembangunan berjalan sukses sesuai harapan masyarakat," ungkapnya.

Diketahui, proses pengesahan RPJMD Lampura tahun 2014-2019 sempat tersendat. Pihak legislatif menilai, pengajuan Raperda RPJMD tidak sesuai aturan, karena telah melewati batas waktu yang ditentukan. Akibatnya, DPRD sempat menggunakan hak interpelasi.

Keterlambatan penyampaian RPJMD ini, menurut  Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara dikarenakan adanya suksesi atau pergantian kepemimpinan nasional dan Gubernur Provinsi Lampung.
(defri/mnz/mf)