WAWANCARA
DR. Hj. Rina Bustami (bln.doc)
14/10/2014 02:04:09
935

Dr. Hj. Rina Bustami: Siap Korbankan Waktu Dukung Program Pembangunan

Harianlampung.com - Selama empat tahun menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Waykanan, banyak program yang telah dilaksanakan  DR. HJ. Rina Bustami, terutama dalam mendukung kesuksesan progam pembagunan  di kabupten tersebut.  



Untuk mengetahui sejauh mana keterlibatan dan peran aktif  istri  Bupati  Bustami  Zainudin ini dalam mendukung  pelaksanaan  progam pembangunan di Kabupaten Waykanan, berikut  petikan wawancara dengan Dr. Hj. Rina Bustami yang akrab dipanggil Umy.



Bagiaman  umy, suka duka selama mendampingi bapak (Bustami Zainudun)  sebagai Bupati Waykanan ?



Suka duka tentunya ada, namun sebagai pendampingi seorang pemimpin kita dituntut untuk selalu siap lahir bathin dan waktu,  agar  dapat selalu hadir dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan bapak.



Kepribadian bapak sendiri, menurut  pribadi  Umy  seperti apa?



Bapak adalah seorang pemimpin yang memiliki tanggung jawab yang besar terhadap keluarga, maupun masyarakat dan daerahnya. Terbukti selama empat  tahun kepemimpinan beliau di Waykanan, telah banyak program yang berhasil diselesaikan, seperti pendidikan gratis hingga 12 tahun.  



Bisa dijelaskan  sperti apa  program  pendidikan  garatis 12 tahun yang telah dilaksanakan tersebut?   Program Pendidikan Gratis 12 Tahun di  Kabupaten Waykanan  didukung dengan pengucuran dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) yang dilaksanakan  sejak tahun 2010.Selain itu, ini memasuki tahun ke tiga, berjalannya program Pendidikan D3 Perkebunan di Unila, yang semuanya dibiayai oleh pemkab Waykanan, bagi putra-putra terbaik Waykanan, untuk mendapatkan pendidikan dan SDM nya.



Demikian juga dengan program - Program yang lainnya, kesehatan, pertanian, malam terang benderang, jalan tak berlobang,  kepariwisataan, jadi Visi dan Misi Pemkab Waykanan hampir terwujudkan.



Seperti apa sih bentuk nyata, peran Umy sebagai istri  dalam mendukung progam m  pembangunan yang dilaksanakan bapak ?



Sebagai seorang istri saya harus mampu menghibur, tatkala belaiu lagi gundah, mengingatkan dan meredakan emosinya, saat beliau berada disituasi yang tidak begitu baik.



Menurut Umy, idealnya seorang pemimpin itu yang bagaimana?



Seperti bapak dong. Bapak  seorang pemimpin yang tidak mengenal lelah, seorang pemimpin yang selalu berkreasi, membuat terobosan-terobosan baru dalam pembangunan. Programnya  juga tidak pernah meniru karya orang lain. Bagi saya, beliau   seorang programmer yang selalu memberikan inspirasi, inovasi dan kreatifitas. Semua itu beliau lakukan semata-mata  untuk mencerdasakan dan mensejahterakan masyarakat khususnya  di Kabupaten Waykanan.



Selaku Ketua Tim Penggerak PKK,  program apa telah dilakukan  untuk mensosialisasikan sekaligus  mendukung  program pembangunan  yang dilaksanakan di Kabupaten Wayakanan?



Banyak yang sudah kita lakukan secara berkesinambungan, seperti pembinaan kampung, bina keluarga, menumbuhkan perekonomian kreatif.  Kemudian,  pemanfaatan lahan pekarangan dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga. Saat ini  dengan adanya ASN dan praja bina kampung, maka ini merupakan sebuah kesempatan dalam mewujudkan tim terpadu yang beranggotakan dinas-dinas terkait lainnya, sehingga kemajuan kampung akan cepat diwujudkan demi masyarakat dan daerah Waykanan.  ((nay/bln))