HUKUM
Tersangka Jual Ganja (ferly/pin)
12/1/2017 15:23:49
210

Pengedar Ganja Wliayah Bandarjaya Ditangkap Polisi

Harianlampung.com - Polsek Terbanggi Besar (Tebas) mengungkap modus baru pengedaran Narkoba jenis Ganja yang dilakukan melalui jalur darat yang menggunakan Vespa yang dimodifikasi.

Pengunkapan modus ini dari tertangkapanya Rahmadi (21) warga Bandarjaya Timur, Kecamatan Terbanggi Besar, Lamteng, Rabu (11/1) kemarin.

Kapolsek Terbanggi Besar Komisaris Saifullah mengatakan, penangkapan dilakukan sekitar pukul 20.00 wib, Tersangka ditangkap dirumahnya tanpa perlawanan. Polisi menemukan barang bukti berupa uang tunai hasil menjual ganja sebesar Rp 250 ribu dan tujuh paket ganjan siap jual.

"Penangkapan langsung saya pimpin, alhamdulilah tanpa ada perlawanan dan berhasil meringkus tersangka serta barang buktinya. Dari tersangka kami bisa ketahui modus baru pengedaran ganja dari Aceh ke Lampung dengan kendaraan vespa. Karena ini luput dari pantauan Polisi di lalu lintas," kata dia di Mapolsek Tebas, Kamis (12/1).

Saat ini tersangka sudah diamankan ke Mapolsek Terbanggi Besar untuk pengembangan modus baru ini. Akibat perbuatanya Rahmadi diancam dengan Undang-undang no 35 tahun 2009, Pasal 114 ayat 1 dan Pasal 111 ayat 1.

"Saat ini masih pengembangan untuk membongkar lebih jauh modus baru ini. Kami himbau untuk yang lain untuk memeriksa sepeda motor vespa yang dimodifikasi oleh anak-anak pank. Karena jalur peredaran informasi dari masyarakat ganja itu berasal dari Aceh sengaja  untuk dimasukan di Lampung," ujarnya.

Kepada wartawan, tersangka mengaku sudah 15 hari mengedarkan narkoba tersebut.  Selain itu ia mendapatkan ganja dari inisial AD yang kini menjadi daftar pencarian polisi (DPO). Dari hasil penjualan sepuluh ganja Rahmadi diberi satu paket ganja kering. Satu paket ganja ia jual Rp50 ribu diwilayah Bandarjaya dan sekitarya.

"Saya dititipin AD untuk menjual barang itu. Sudah 15 hari menjadi pengedar ganja. Dari jual sepuluh paket saya cuma dikasih upah atau hasil satu paket ganja itu," katanya.
(fer/jun)