HUKUM
Dua warga Padasuka (azim/pin)
12/1/2017 18:07:27
0
103

Polsek Cukuh Balak Tembak Dua Warga Padasuka

Harianlampung.com - Polsek Cukuh Balak, Polres Tanggamus, menembak dua warga Kecamatan Pada Suka, yang selama satu buron, terlibat kasus pencurian satu unit sepeda motor milik Pekon Pekon Tanjungbetuah, Januari 2016 lalu.

Kedua tersangka, UF (29) dan AK (32) warga Kecamatan Pardasuka, Pringsewu, diringkus dikediamannya masing masing. Menurut Polisi, kedua tersangka mencoba melawan melawan petugas, dan tidak mengindahkan tembakan peringatan, Rabu (11/1).

“Sejak sepekan petugas Polsek Cukuh Balak melakukan pengintaian. Kedua tersangka pencurian dengan pemberatan berhasil dibekuk Unit Reskrim Polsek Cukuhbalak. Mereka menyerah setelah kaki kedua tersangka terkena timah panas petugas,” kata Kapolsek Cukuhbalak Iptu. R. Panggabean, mendampingi Kapolres Tanggamus AKBP Ahmad Mamora.

Menurut Kapolsek, UF dan AK terendus sedang bersembunyi di rumah mereka, di Pekon Kedaung, Kecamatan Pardasuka. Petugas yang memang sudah melakukan pengintaian sejak sore, lalu menggrebek rumah target pada pukul 02.00 WIB dini hari.

"Rupanya dua pelaku ini sadar kalau kami sudah mengintainya. Maka mereka juga telah bersiap melawan saat anggota saya merangsek masuk ke rumah mereka. Kami sudah dua kali memberikan tembakan peringatan, namun mereka tetap melawan dan mengancam keselamatan anggota saya. Akhirnya kami lakukan tindakan tegas namun tetap terukur, yaitu dengan menembak kaki mereka masing-masing. Barulah para pelaku ini rubuh dan menyerah," kata Kapolsek, kepada wartawan, Kamis (12/1)

Penangkapan terhadap dua warga Pringsewu itu, lanjut Panggabean, berdasarkan pelaporan yang tertuang dalam Nomor: LP/01/I/2017/LPG/RES TGMS/SEK CUKUH BALAK, tanggal 6 Januari 2016 pukul 09.00 WIB. Korban atas nama Sumidiharjo (59), warga Pekon Tanjungbetuah, Kecamatan Cukuhbalak yang kehilangan satu unit roda dua Honda Revo BE-5326-YE.

"Bersama aparat pekon, korban lalu melaporkan kejadian yang dialaminya ke polsek. Lalu segera kami tindaklanjuti. Dari hasil keterangan para saksi dan korban, penyelidikan mengarah pada UF dan AK ini. Kami juga menyita barang bukti (BB) berupa satu unit roda dua jenis Honda Revo hasil curian mereka, 2 buah kunci T, 2 buah plat motor, dan 2 buah kontak motor," kata Panggabean.

Kedua tersangka dijerat Pasal 363 KUH Pidana tentang curat dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.
(zim/jun)
Komentar (0)
Belum ada komentar
Silakan tulis komentar Anda. Bagian yang bertanda * harus diisi