HUKUM
Terdakwa. (tom/pin)
09/8/2017 16:21:17
178

Terbukti Konsumsi Sabu, Nizar Romas Divonis 10 Bulan

Harianlampung.com - Majelis Hakim Pengaadilan Negeri Tanjungkarang, Rabu (9/8), menjatuhkan hukuman penjara selama sepuluh bulan kepada eks Anggota DPRD Bandarlampung, Nizar Romas dan rekannya, Dharma Wijaya karena terbuksi mengonsumsi sabu.

Menurut Majelis Hakim yang diketuai Nirmala Dewi, kedua terdakwa terbukti melanggar Pasal 127 Ayat 1 huruf a UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sabiin yang menuntut dengan hukuman satu tahun tiga bulan penjara.

Dalam dakwaannya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sabiin menjerat kedua terdakwa dengan pasal berlapis yakni, Pasal 112 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 127 Ayat 1 huruf a UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

JPU menjelaskan, pada Mei 2017 lalu, Nizar mengajak Dharma main ke rumah temannya bernama Obi (DPO), untuk melihat meja yang telah dipesan Nizar kepada Obi.

Sampai di rumah Obi di Jalan Hos Cokroaminoto, Kelurahan Rawa Laut. Dharma menunggu di teras, sedangkan Nizar masuk ke dalam rumah. "Tak lama, Nizar mengajak Dharma masuk ke dalam rumah Obi kemudia mereka masuk ke kamar Obi yang ternyata sudah ada satu paket sabu-sabu. Barang jenis sabu-sabu tersebut sudah disiaplan oleh Obi," Kata JPU, Kamis (13/7).

Namun, usai mereka ingin menghisap sabu-sabu tersebut, lanjut Sabiin, aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung datang menggerebek mereka. Polisi menemukan sisa pakai sabu dan seperangkat alat isap sabu di dalam kamar tersebut."Polisi lalu menangkap keduanya. Mereka langsung digelandang ke kantor polisi gunaa penyelidikan," katanya.

Dari hasil uji laboraturium Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung, disimpulkan kandungan yang ada di dalam alat hisap positif mengandung metafetamina yang terdaftar dalam Golongan 1 Nomor urut 61 lampiran UU RI No.35 tahun 2009 tentang narkotika.
(tom/mfn)