HUKUM
Kapolda Lampung Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo (pin/ist)
19/10/2017 17:18:35
416

Cegah Kriminalitas, Polda Canangkang Registrasi Senpi Secara Online

Harianlampung.com - Untuk mencegah dan mengantisipasi beredarnya senjata api (Senpi) organik milik Polri, yang diduga beredar di kalangan sipil, bahkan digunakan sebagai alat untuk kejahatan. Polda Lampung akan mengupayakan senpi terintegrasi secara online.

Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Suroso Hadi Siswoyo mengatakan senpi anggota memiliki nomor seri, dan didaftarkan secara online, kemudian dilakukan pemutakhiran data dan kondisi berkala dari senjata tersebut, termasuk kondisi psikologis dari pemegang.

"Upaya kita dengan menggunakan sistem online sehingga teridentifikasi senpi itu milik siapa dari kesatuan mana," katanya, Kamis (19/10).

Selain itu pengecekan fisik senjata sekala berkala sudah dilakukan oleh tiap Polresta, pengecekan kondisi senpi, psikologis pengguna dan, amunisi.

"Tiap polres juga udah jalan pengecekan rutin," kata mantan Dirintelkam Polda Lampung itu.

Suroso juga membenarkan kalau perampokan yang terjadi di Sukoharjo sabtu lalu (14/10) lalu, menggunakan senpi organik namun nomor seri senpi tersebut telah di gerinda sehingga belum bisa diketahui. Pihaknya bersama Polres Tanggamus masih menunggu hasil laboratorium forensik Palembang untuk mengetahui, nomor seri senpi yang telah di gerinda tersebut sehingga diketahui apa benar senpi tersebut dari institusi Polri.

"Kita tunggu saja laporannya, nanti berkoordinasi dengan Dikrimum, tapi saat ini belum ada laporan dari personil Polda yang kehilanggan senpi," katanya.
(tom)