HUKUM
Ilustrasi (pin/ist)
19/10/2017 18:18:36
178

Edarkan Sabu Milik Suami, Siti Sofia Dituntut 4 Tahun 6 Bulan

Harianlampung.com - Terdakwa Siti Sofia (27), warga Jalan Tamin, Gang H Abdurahman, Kelurahan Sukajawa, Bandarlampung, dituntut empat tahun enam bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Karna dinilai terbukti bersalah ikut mengedarkan sabu-sabu milik suaminya.

Dalam persidangan JPU Chandrawati Rezki Prastuti menuntut terdakwa dengan pasal Pasal 112 ayat (1) Jo. Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Terdakwa juga diwajibkan membayar denda sebeaar Rp 800 juta subsidair tiga bulan kurungan penjara.

Dalam persidangan JPU Chandrawati Rezki Prastuti menuntut terdakwa dengan pasal Pasal 112 ayat (1) Jo. Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

"Menuntut terdakwa dihukum dengan kurungan penjara selama empat tahun enam bulan dan denda sebesar Rp800 juta sub tiga bulan kurungan penjara," kata JPU di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Kamis (19/10).

Menurut JPU, hal yang memberatkan terdakwa telah meresahkan masyarakat dan perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah. Sedangkan, hal yang meringankan terdakwa mengakui perbuatannya dan terdakwa tidak pernah dihukum.

Dalam dakwaan, perbuatan terdakwa terjadi pada hari Selasa tanggal 25 Februari 2017. Terdakwa ditangkap oleh anggota kepolisian Polsekta Tanjungkarang Barat saat berada dikediamannya.

"Terdakwa ditangkap berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar. Saat penangkapan, terdakwa bersama suaminya Shobar (bulum tertangkap)," kata JPU

Dari pengakuan terdakwa, lanjut JPU, barang kristal tersebut milik suaminya yang dibeli menggunakan uang terdakwa sebesar Rp7 juta. Rencana kristal tersebut akan digunakan untuk keperluan terdakwa dan suaminya.

"Sebelum digunakan, terdakwa beserta barang bukti terlebih dulu ditangkap oleh polisi. Sementara, suami terdakwa belum tertangkap," katanya.
(tom)