HUKUM
Dirnarkoba Polda Lampung (pin)
14/12/2017 20:57:03
648

Lagi, Polda Tangkap Jaringan Pengedar Narkoba di Lapas

Harianlampung.com - Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung kembali menangkap lima bandar sabu di wilayah Bandar Lampung pada waktu dan tempat berbeda. Dari para tersangka, diamankan barang bukti sabu bukti sebanyak 155,32 gram.

Para bandar narkoba tersebut yakni Rendy Putra Wijaya (28), warga Langkapura: Andi Ramadan (21) dan Muhamad Nur Alim (21), keduanya warga Jalan Imam Bonjol Tanjungkarang Barat, M. Husin (26) serta Bayu Praseto (26), warga Kedaton.

Barang bukti yang disita dari tersangka Rendy sebanyak 110 gram sabu. Sedangka dari empat tersangka lainnya sebanyak 45,32 gram sabu.

Direktur Narkoba Polda Lampung, Kombes Pol M Abrar Tuntalanai, mengatakan, para tersangka merupakan bandar narkoba yang kerap mengedarkan di Bandar Lampung. " Mereka ini bukan pemakai. Semuanya bandar," tegas Abrar, Kamis (14/12). 

Abrar menjelaskan, awalnya tim opsnal subdit I Ditnarkoba mendapat informasi dari masyarakay bahwa para tersangka merupakan bandae narkoba.

Informasi itu langsung ditindak lanjuti dengan melakukan penyelidikan. Alhasil, anggotanya menangkap kelimanya di rumahnya masing-masing pada tanggal 7 dan Desember 2017. "Setelah dilakukan pengintaian, mereka semua berhasil ditangkap. Kasus ini masih kita kembangkan guna mencari tahu mereka ini jaringan darimana,"ujarnya

Sementara itu, menurut penuturan salah satu tersangka Rendi, dirinya mengaku baru tiga bulan berbisnis narkoba. Rendi nekat menggeluti bisnis barang haram itu lantaraan diajak kawan."Saya baru dua kali. Kalau laku terjual sebanyak 100 gram, saya dapat imbalan Rp2juta. Saya dapat sabu dari Angga, teman main," kata dia.

Sementara itu, Kasubdit I Ditnarkoba Polda Lampung, AKBP Daniel Binsar Manurung, menambahkan, bahwa para tersangka merupakan jaringan yang dikendalikan oleh narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Way Hui. "Ya benar, mereka jaringan Lapas. Kita masih dalami kasusnya," katanya.


Sebelumnya, tim opsnal Subdit III Ditnarkoba juga meringkus dua bandar jaringan Lapas Way Hui, bernama Zainal dan Winarto. Dari tangan keduanya disita 1,3 kg sabu. Berdasarkan hasil pemeriksaan, keduanya dikendalikan oleh ML (napi lapas way hui). Kini, kasus adanya keterlibatan napi tersebut masih diselidiki petugas.

(tom/iqb)