HUKUM
Aksi demo LSM Kobar tuntut dugaan mark up biro Umum (her/pin)
19/10/2018 13:04:02
793

LSM Kobar Demo Minta Usut Dugaan Mark Up Anggaran Biro Umum

Harianlampung.com - Puluhan LSM yang mengatasnamakan Komando Aksi Bela Hak Rakyat (Kobar) sampaikan aksi tuntutan yang dinilainya biro Umum Setda Provinsi Lampung diduga kuat tidak transaransi dan akuntabel dalam mengelola dan menyalurkan anggaran negara.

Menurut salah satu LSM Kobar  Kardi, dalam aksi penyampaian aspirasi tuntutannya, biro umum diduga melakukan penyimpangan soal anggaran kegiatan seperti, kegiatan anggaran untuk belanja makan minum,belanja jasa servis,pergantian suku cadang,Bahan Bakar Minyak(BBM), hingga perawatan lift maupun anggaran rumah dinas, ujar Kardi dalam orasinya.

" Penggantian suku cadang, sewa tarup dan bahan bahan bakar mencapai Rp17.000.000.000 Milliar, adanya dugaan Spj fiktif dan nota bodong," teriak dia, di halaman kantor Gubernur Lampung, Jum`at (19/10).

Menurut dia, semua kegiatan tampak adanya dugaan mark up yang realisasinya tidak sesuai dengan perencanaan, bahkan adanya dugaan dalam item overlap,sehingga mengarah kepada modus Spj fiktif yang menghabiskan anggaran, tegasnya.

Pada dasarnya, keadilan dalam perspektif law enforcement merupakan tanggung jawab bersama, maka kami meminta gubernur Lampung mengusut tuntas dan mengevaluasi dengan cermat kinerja di biro Umum.

Kami mendesak Kepala biro umum, kepala bidang dan Kepala seksi di biro umum untuk mempertanggung jawabkan dimuka masyarakat. Kami mendesak Kajati Lampung segera melakukan pemeriksaan dan melakukan proses hukum dari dugaan skandal  modus penyimpangan dari beberapa item tersebut sekaligus mengedepankan azas keadilan bukan azas opurtunis, pungkas dia.
(her)