HUKUM
Andi Surya saat menggelar Konferensi Pers. (her/pin)
26/1/2019 08:52:24
740

Andi Surya Tanggapi Bijaksana Soal Pengaduan Pihak UIN RIL ke Polda Lampung

Harianlampung.com - Pasca dilaporkan ke Polda Lampung yang dianggap melakukan pencemaran nama baik. DR. Andi Surya yang menjabat anggota DPD RI dan juga anggota MPR RI, menanggapi atas pelaporan ke Mapolda Lampung tersebut terkait pencemaran nama baik Universitas Negeri Islam Raden Intan Lampung (UIN RIL), Senator Lampung DR Andi Surya bersikap santai dengan bijak menanggapi meski angkat bicara dalam Konferensi Pers di kantor perwakilan DPD RI Jalan Pattimura Teluk Betung, Jum`at (25/1).

"Silahkan saja dilaporkan,tentu banyak proses jika memanggil anggota DPD RI dan MPR RI,harus ada persetujuan lembaga dan tugas saya jelas untuk hal itu," kata DR.Andi Surya.

Menurut DR.Andi Surya, pernyataan Pertanggung jawaban dari Kelompok  Studi Kader (Klasika) Een Riansah bahwa kasus pelecehan seksual di kampus UIN bukan yang pertama, sebelumnya telah dia nyatakan pernah terjadi tiga kali kasus pelecehan seksual di dalam tiga tahun terakhir ini oleh oknum dosen.

"Ini jelas merupakan fakta luar biasa jika benar pernyataan Penjab Klasika Een Riansah bahwa Kampus UIN sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi berbasis agama justru menjadi sarang maksiat dan hasrat seksual oleh oknum dosen," kata DR.Andi Surya dihadapan wartawan dari berbagai media cetak,online,elektronik.

Kata Andi Surya, seharusnya, kampus menjadi tempat dimana anak-anak bangsa dididik menjadi insan handal yang tangguh dalam menghadapi masa depan  melalui Tri Darma Perguruan Tinggi. Bukan menjadi objek hasrat seksual oknum dosen. Bagaiamna jika kita berpikir nasib dari korban oknum dosen yang memilih tidak melanjutkan kuliah,sama kan dengan memutuskan masa depan dan cita cita anak bangsa..?

Maka, saya hanya menyarankan kepada pemimpin UIN tidak melindungi oknum dosen yang diduga melakukan pelecehan seksual ini dan segera proses secara hukum maupun administratif. Kalau perlu sementara oknum dosen terduga ini dicutikan terlebih dahulu, jika terbukti wajib dilakukan pemecatan sesuai UU dan peraturan yang ada, agar menjadi efek jera dan pembelajaran, tegasnya.

DR.Andi Surya saat ini  juga menjabat sebagai anggota MPR RI mengatakan bahwa kampus tersebut untuk segera melakukan evaluasi dan pembinaan kepada dosen dosen baik secara moralitas maupun iman dan taqwa. Karena ini lembaga kampus berbasis agama maka selayaknya para dosen dibentengi oleh nilai-nilai agama. Jika tidak maka sulit kita bicara kemajuan kampus tersebut,sedangkan negara membiayai yang bersumber dari APBN.

Menurut DR.Andi Surya, sebaiknya untuk mengejar rasio dosen terhadap mahasiswa, ada jalan dengan melakukan proses rekrutmen dosen secara tepat dan benar serta memenuhi standar etik mengajar. Karena tentu bukan hanya ilmu saja tetapi tekanan pada aspek perilaku dan etika sehingga diperoleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik dan berkualitas, bebernya.

Intinya saya siap menjelaskan persoalannya, dan sampai saat ini belum ada kabar pemanggilan,,tandasnya.
(her)