HUKUM
Zainuddin Hasan dalam persidangan.(nti/pin)
18/3/2019 19:59:16
591

Ketua PN Tanjung Karang Tolak Izin permohonan Zainuddin Hasan Dampingi Istri Bersalin

Harianlampung.com - Ketua Majelis Hakim PN Tanjung Karang Mien Trisnawaty dalam persidangan pemeriksaan terdakwa Bupati Nonaktif Lampung Selatan Zainudin Hasan, menolak surat permohonan ijin ke Jakarta pada 2-3 April untuk mendamping istinya melahirkan (bersalin) yang dilayangkan terdawa pada  Minggu tanggal 11 Maret 2019.

Sesuai Pasal 19 ayat 8 PP 27 th 1983, dalam hal tertentu tahanan dapat diberikan izin untuk meninggalkan rutan (rumah tahanan) sementara waktu. Menimbang pasal tersebut, Kami majelis hakim tidak dapat memberikan izin yang bersangkutan untuk keluar rutan atau Lapas kelas 1A BandarLampung untuk mendampingi istri terdakwa dalam persalinan, ujarnya.

"Menimbang UU tersebut maka izin untuk mendampingi istri melahirkan tidak mencakup dalam pasal tersebut, karena mendampingi istri merupakan sukacita dan sudah ada dalam perencanaan," kata Mien sebelum menutup sidang di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Senin (18/3).

Sementara itu usai persidangan  Zainudin Hasan  mengatakan bahwa dirinya merasa kecewa, atas keputusan tersebut.

Menurut dia, operasi sectio (sesar) bukanlah sukacita melainkan urusan hidup dan mati.

Dirinya berharap Majelis Hakim dapat merubah penetapannya dan memberikan dirinya ijin untuk mendampingi istrinya Jasmine Shahnaz yang akan melahirkan anak ketiganya tersebut.

" Ini bukan sukacita, taruhannya nyawa loh. Bukan untuk senang-senang, jadi saya diijinkan datang, tandatangan, tunggu kelahiran dan bisa langsung balik (ke lapas) PP.

" Ya mudah-mudahan lah saya ketuk hati nurani yang mulia majelis hakim. Istri saya ini harus sesar karena yang kedua sebelumnya juga sudah sesar, sehingga yang ketiga ini juga tidak bisa normal," ungkap Zainudin.

Pihaknya akan terus melakukan upaya-upaya untuk dapat diberikan ijin oleh Majelis Hakim untuk bisa izin ke Jakarta untuk mendampingi istrinya di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta.
(nti/her)