HUKUM
Wawancara PJU Polda Lampung.(nti/pin)
07/5/2019 10:20:47
617

Polda Lampung Gelar Apel Kesiapan Operasi Krakatau 2019

Harianlampung.com - Polda Lampung gelar pasukan operasi keselamatan Krakatau 2019 dengan tema `Apel Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas Pasca pemungutan suara Pileg, Pilpres dan menjelang Idul Fitri 2019`, Senin (5/5).

Apel yang dipimpin oleh Irwasda Polda Lampung Kombes Pol Rudy S, dalam sambutantanya bahwa, dirinya  mengungkapkan  jumlah  kasus laka lantas yang terjadi di wilayah hukum Polda Lampung selama tahun 2018 mencapai 4.096 kejadian. Angka tersebut terbilang turun 26% dibandingkan jumlah kecelakaan tahun 2017 tercatat 5.556 kejadian. Kesadaran masyarakat Lampung dalam tertib berlalu lintas juga dinilai masih sangat rendah meskipun berbagai upaya terus di Iakukan untuk mengurangi terjadinya lakalantas.

"kita menyadari dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas kita tidak bisa berdiam diri, bahkan kita wajib melakukan berbagai upaya untuk menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcarlantas," ujarnya



Dirinya juga menekan agar aparat fokus pada 8 point keselamatan berkendara yakni,   mengendara sambil menggunakan handphone, tidak menggunakan safety belt, menaikkan dan menurunkan penumpang di jalan tol,  melawan arus lalu lintas,mengendarai kendaraan dibawah pengaruh alkohol atau narkoba, pengemudi dibawah umur, memacu kendaraan di atas batas kecepatan maksimal serta menggunakan bahu jalan yang bukan peruntukannya.

"Diharapkan jajaran Korlantas Polri mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taktis, teknis maupun strategis agar dapat merubah mindset masyarakat menjadi sadar dan taat kepada peraturan lalu lintas serta mampu menciptakan kamseltibcarlantas," jelasnya.

Sementara itu Direktur Lalulintas (Dirlantas)Polda Lampung Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin, mengatakan karena pelaksanaan operasi keselamatan Krakatau 2019, bertepatan dengan bulan suci Ramadan. Karenanya, salah satu point utama yakni mencegah dan menindak adanya balapan liar.

Pada operasi ini juga  pihaknya lebih mengedepankan upaya preventif dan preventif, dari pada represif, dan menyasar para pengendara kaum milenial.

"Selain itu, pesantren kilat dan Police Goes to school, akan dikedepankan dalam melakukan sosialisasi keselamatan berkendara," kata Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin.
(nti/her)