INVESTASI
Yahoo Verizon (pin/dok)
10/1/2017 12:24:22
0
79

Yahoo Akan Berubah Nama Jadi Altaba

Harianlampung.com - Kabar yang beredar, nama Yahoo akan berubah menjadi Altaba, jika jadi dibeli Verizon. Selain perubahan nama, komposisi dewan perusahaan Yahoo akan menyusut.  Salah satu perusahaan yang dikabarkan punya peluang besar memiliki Yahoo, yakni Verizon.

Sebelumnya, pada 25 Juli 2016, Verizon mengumumkan akan mengakuisisi Yahoo dengan mahar US$4,8 miliar, jauh dari valuasi pasar atas Yahoo US$100 miliar pada 1999-2000.

Dikutip dari Phone Arena, Selasa (10/01), sejauh ini Verizon belum jelas, apakah akan memproses dan menyelesaikan penawaran US$4,8 miliar untuk membeli Yahoo. Padahal, menurut laporan, Yahoo sudah membuat rencana, agar aksi korporasi bisa terjadi.

Jika kesepakatan antarperusahaan teknologi dan media, atau dikenal Big Red itu rampung, Yahoo akan mengubah namanya menjadi Altaba. Sementara itu, jumlah dewan perusahaan akan menyusut menjadi lima orang, dari yang saat ini berjumlah 10 dewan perusahaan.

Lima dewan perusahaan Yahoo saat ini, termasuk CEO Yahoo Marissa Mayer, akan keluar dari perusahaan internet tersebut, jika Yahoo jadi dibeli Verizon.

Sementara itu, dilansir dari Tech Crunch, lima direksi lainnya akan menjadi anggota dewan tetap di Altaba, yaitu Tor Braham, Eric Bandt, Catherine Friedman, Thomas McInerney, dan Jeffery Smith. Sedangkan satu kursi dewan Altaba masih belum jelas, akan diisi siapa.

Para direksi tersisa ini direncanakan akan menakhodai Altaba. Saat ini, saham Altaba aset utamanya sebesar 15 persen, merupakan saham dari Alibaba Holding dan 35,5 persen sahamnya dimiliki oleh Yahoo Jepang. Sedangkan sisa aset Altaba Inc, akan terintegrasi dengan Verizon.

Kabar perubahan nama Yahoo menjadi Altaba ini, usai pengajuan oleh Securites and Exchange Commission. Bagi Verizon, dengan menggaget Yahoo, maka operator telekomunikasi besar Amerika Serikat itu akan menerima portofolio Yahoo yang meliputi email, aplikasi, website dan teknologi periklanan.

Di luar unit bisnis utama itu, Yahoo masih memiliki aneka aset lain, termasuk saham 15 persen di raksasa e-commerce Alibaba, saham 35 persen di Yahoo Japan, cadangan kas, dan portfolio paten yang tidak ikut dibeli oleh Verizon. Entitas yang menaungi aset-aset lain inilah yang kemudian berubah nama menjadi Altaba. Fungsinya tak lebih dari sekadar investment company yang memayungi kepemilikan atas aset-aset tadi.

Nama “Altaba” sendiri, menurut laporan Washington Post, Selasa (10/01), merupakan gabungan dari kata “alternate” dan “Alibaba”, mengacu kepada sebagian kepemilikan Yahoo atas Alibaba.

Dengan kata lain, akuisisi Verizon atas Yahoo membelah perusahaan tersebut menjadi dua entitas, yakni Yahoo berisi unit bisnis yang dibeli Verizon, dan Altaba yang memiliki sisa aset Yahoo. 
(pin)
Komentar (0)
Belum ada komentar
Silakan tulis komentar Anda. Bagian yang bertanda * harus diisi