INVESTASI
Pelni ke Kepulauan Seribu (pin/dok)
10/1/2017 14:40:16
165

Pelni Resmi Layani Sunda Kelapa ke Kepulauan Seribu

Harianlampung.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasian kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) dengan tujuan Kepulauan Seribu di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (10/01).

Pelni menyiapkan KM Express Bahari 3B dengan rute Sunda Kelapa-Pulau Tidung. Peresmian ini juga dihadiri oleh Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Tonny Budiono, dan Direktur Utama Pelni Elfien Goentoro.

Budi Karya Sumadi mengatakan, pengoperasian rute tersebut merupakan sistem baru pelayaran ke Kepulauan Seribu sehingga kejadian yang seperti pada KM Zahro Express tidak terulang lagi.

"Ini satu upaya kita membuat pelayaran nasional yang baru, pelayanan rakyat yang baru. Dalam musibah, ada hikmah. Kami bertekad untuk membuat sistem pelayaran yang baru," kata Budi Karya.

KM Express Bahari 3B merupakan kapal cepat buatan tahun 2005 yang menggunakan bahan fiber pada badan kapal. Kapal ini mempunyai kapasitas angkut 208 orang ditambah 6 awak kapal.

Menurut Budi Karya, ke depannya terdapat lima kapal dari Pelni dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk melayani pelayaran ke Kepulauan Seribu.

"Kali pertama, ini lima kapal. Jadi tiga (kapal) Pelni dan dua (kapal dari) ASDP. Ada yang berangkat dari sini (Pelabuhan Sunda Kelapa), ada yang berangkat dari (Pelabuhan) Kali Adem," kata Budi.

Selain KM Express Bahari 3B, kapal Pelni lainnya yang melayani Kepulauan Seribu adalah KM Sabuk Nusantara 46 yang telah dioperasikan sejak akhir 2015. Pengoperasian Pelni ini juga merupakan penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk melayani pelayaran ke Kepulauan Seribu.
(pin)