INVESTASI
LPS (pin/dok)
12/1/2017 16:57:40
206

Suku Bunga Penjaminan Tetap 6,25 persenSuku Bunga Penjaminan Tetap 6,25 persen

Harianlampung.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mempertahankan tingkat bunga penjaminan periode 12 Januari 2017 hingga 15 Mei 2017 dilevel 6,25 persen. Tingkat bunga penjaminan itu dipandang LPS masih sejalan dengan arah perkembangan terkini suku bunga simpanan perbankan.  

Kepada pers di Jakarta, Kamis (12/01), Kepala Eksekutif LPS, Fauzi Ichsan mengatakan, LPS telah melakukan evaluasi tingkat bunga penjaminan untuk simpanan dalam rupiah dan valuta asing di bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

"Untuk bank umum, bunga penjaminan dalam rupiah 6,25 persen dan dalam valas 0,75 persen, sedangkan untuk BPR sebesar 8,75 persen," terang dia.

Fauzi menambahkan, kondisi ekonomi makro dalam negeri secara umum dipandang masih stabil. "Terdapat kenaikan bunga simpanan selama beberapa pekan terakhir yang mengindikasikan sedikit pengetatan pada kondisi likuiditas," kata Fauzi.

Ia menyebut, perkembangan sejumlah faktor risiko eksternal juga perlu dicermati karena dapat berpengaruh bagi kondisi likuiditas.

LPS juga mengimbau agar perbankan lebih memperhatikan ketentuan tingkat bunga penjaminan simpanan dalam rangka penghimpunan dana.  "Ini sejalan dengan tujuan untuk melindungi nasabah dan memperluas cakupan tingkat bunga penjaminan," tandas Fauzi.
(pin)