INVESTASI
Darmin Nasution (pin/dok)
17/5/2017 15:13:38
117

Pengelola KEK Diminta Aktif Tarik Investasi

Harianlampung.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta Badan Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk memiliki kemampuan sehingga secara aktif ikut menarik investasi agar tercipta pusat pertumbuhan baru di daerah.

“Kita mengharapkan setiap KEK memiliki badan pengelola yang memang mempunyai kapasitas untuk mengundang investor," ujar Darmin di Jakarta, Rabu (17/05).

Ia menambahkan, pembentukan KEK di luar Jawa sangat penting untuk mendorong kegiatan investasi secara merata di seluruh Indonesia. Untuk itu, badan pengelola mempunyai peran aktif agar potensi ekonomi di berbagai wilayah makin berkembang.

“Jangan sampai satu kawasan itu, karena badan pengelola tidak cukup aktif, tidak pernah dikenal investor. Atau yang lebih negatif, sampai menunggu harga lahan naik, baru dibentuk badan pengelola, kalau itu terjadi berarti hanya mau capital gain dari lahan," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemerintah telah memberikan dukungan berupa pembangunan infrastruktur serta pemberian fasilitas insentif agar 11 KEK yang telah ditetapkan bisa beroperasional seluruhnya dan kawasan ini bisa berkembang sesuai kekhususan yang dimiliki.

“Tentu ada faktor-faktor khusus di daerah yang menarik bagi investor, misalnya keadaan alam. Mandalika dipengaruhi oleh lingkungan dan keadaan alam yang cocok bagi pariwisata. Sedangkan Sei Mangke adalah daerah yang cocok dikembangkan bagi hilirisasi kelapa sawit," ujarnya.

Selain memperbaiki kinerja pertumbuhan ekonomi, Darmin mengharapkan KEK mampu meningkatkan industrialisasi serta mendorong integrasi ekonomi di semua lini, agar pengembangan kawasan ini tidak kalah dengan negara tetangga yang saat ini mulai menggali potensi dari wilayah selat Malaka.
(pin)