INVESTASI
Kadisdag Lampung Ir. Ferynia. (her/pin)
09/11/2017 09:55:05
208

Lampung Bangun Sistem Informasi Barang Pokok Harian

Harianlampung.com - Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Lampung membangun sistem informasi harga barang pokok harian guna menelaah terhadap ketersediaan barang pokok dalam rangka merekomendasi kebijakan serta pengendalian Inflasi di Provinsi Lampung.

Kepala Dinas Perdagangan provinsi Lampung Ir.Ferynia mengatakan, sistem informasi harga barang pokok merupakan suatu sistem aplikasi yang dibuat agar memudahkan masyarakat atau pemangku kepentingan dalam memperoleh data atau informasi terkait harga harian barang pokok di Provinsi Lampung, kata Ferynia, Rabu (8/11).

“ Kita bisa melihat perkembangan harga barang pokok di website milik pemerintah Provinsi www.lampungprov.go.id setiap harinya,” tambahnya.

Kerjasama ini kami lakukan bersama intansi terkait Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) provinsi Lampung, jelasnya.

Menurutnya, langkah awal pelaksanaan tentu melakukan pemetaan alur distribusi barang pokok,penentuan  pasar dan penunjukan kontributor,inventarisasi data harga harian barang pokok dan uji coba pelaporan harga harian barang pokok, jelasnya.

Berdasarkan Peraturan daerah(Perda) nomor 4 tahun 2014 tentang organisasi dan tata kerja dinas daerah provinsi Lampung, maka Dinas perdagangan memiliki penyelenggaraan sebagian urusan pemerintahan di bidang perdagangan asas otonomi  yang menjadi kewenangan,tugas dan tugas pembantuan serta tugas lain sesuai kebijakan yang ditetapkan Gubernur Lampung berdasarkan peraturan perundang undangan yang berlaku, bebernya.

Maka fungsi Dinas perdagangan seperti, perumusan kebijakan,pengaturan,perencaaan dan penetapan standar bidang perdagangan,pembinaan,pengawasan,pengembangan iklim maupun penyediaan barang  dan pelaksanaan pengembangan ekspor dan masih ada beberapa lagi, terangnya.

Dari sisi Undang Undang nomor 7 tahun 2014, lanjut Ferynia, dalam pasal 26 mengamanatkan agar pemerintah berkewajiban memberikan jaminan pasokan dan stabilitas harga barang kebutuhan pokok dan barang penting dalam menjaga keterjangkauan harga pada tingkat konsumen serta melindungi pendapatan produsen dalam melindungi pasokan dan stabilsasi harga barang, kata Ferynia.

Diketahui, Berdasarkan SK Menko Perekonomian KEP-11/M.EKON/02/2010 ada 14 komoditas barang pokok yang harus dipantau seperti, beras,tepung terigu,telur,gula pasir, jagung,minyak goreng, kedelai, cabe, daging sapi, bawang merah, daging ayam, garam, ikan dan susu.

Maka saat ini, Pemerintah Provinsi Lampung rangka merekomendasi kebijakan serta pengendalian inflasi telah melakukan sistem pelaporan harga harga bahan pokok harian yang memiliki varian menjadikan informasi di masyarakat,silahkan klik website lampungprov.go.id, website resmi milik Pemerintah Provinsi Lampung yang merupakan jendela informasi, tandasnya.
(her)