INVESTASI
Disdag gelar pasar lelang. (her/pin)
14/12/2017 13:25:23
624

Disdag Gelar Pasar Lelang Komoditi Agro ke 5 Tahun 2017

Harianlampung.com - Kegiatan pasar lelang komoditi agro ke 51 dan ke 5 di tahun 2017 dibuka Sekretaris Dinas Perdagangan Andrian Syarief mewakili Kepala Dinas Perdagangan Ir. Ferynia dalam upaya memfasilitasi petani, kelompok tani, gapoktan dengan para pembeli potensial.

Kegiatan pasar lelang komoditi agro ke 5 ini berlangsung di gedung Balai Koperasi (Balaikop) Provinsi Lampung,Kamis (14/12).

Andrian Syarief mengatakan, pasar lelang komoditi agro merupakan salah satu program Kementrain Perdagangan RI melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka (Bappebti) yang tersusun dalam tiga pilar program seperti, program pasar lelang komoditi agro, sistem resi gudang dan bursa komoditi berjangka, ujarnya.

“pasar lelang merupakan kegiatan ekonomi dan bertujuan menciptakan sistem perdagangan yang lebih baik,tarnsparan dan terbentuk mekanisme harga yang wajar,” kata Andrian Syarief.

Menurutnya, kegiatan pasar lelang komoditi agro nantinya akan dikelola oleh badan usaha secara profesional dan akan menjadi pasar yang terorganisir, terangnya.

Pasar lelang tentu akan mengedepankan nirma ekonomi secara bersama ,maka pelaku usaha diharapkan akan memiliki posisi tawar, sehingga dapat menggerakan seimbang dan kuat dalam transaksi, tambahnya.

Maka, program pasar lelang ini diharapkan para pelaku usaha,penjual dan pembeli akan dapat mendapatkan banyak manfaat,memperpendek mata rantai perdagangan  dan membuka peluang pasar, harapnya.

“ Harus terus meningkatkan koordinasi,kerjasam yang baik bersama dinas terkait,para pelaku usaha,pembeli maupun staekholder,” tandasnya.

Ketua Panitia pasar lelang komoditas agro Wis Alkurni mengatakan, dasar pelaksanaan pasar leleng mengacu pada DIPA Nomor DIPA -090.02.3.12069/2017 serta keputusan surat Kepala Dinas Perdagangan provinsi Lampung.

Peserta dihadiri berbagai pelaku usaha,petani,gapoktan dari masing masing kabupaten se provinsi Lampung, singkatnya.
(her)