INVESTASI
Gubernur Bank BI Agus Marto wardodjo saat diwawancarai. (her/pin)
19/1/2018 13:48:32
702

Gubernur BI Serah Terimakan Kepala Perwakilan BI Lampung

Harianlampung.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W. Martowardojo melakukan serah terima jabatan Kepala  Bank Indonesia Perwakikan Provinsi Lampung yang sebelumnya dijabat Arif Hartawan digantikan Budiharto Setyawan.

Arif Hartawan dipromosikan menjadi direktur di Departemen manajemen, strategis dan tata kelola (DMST) BI, yang ditugaskan dalam rangka mempersiapkan pembukaan kantor BI di Beijing Tiongkok. Sedangkan Budiharto Setyawan sebelumnya menjabat Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten.

Menurut Agus Marto Wardodjo Bank Indonesia sangat berkomitmen dalam mendukung perekonomian di Lampung dalam mengembangkan perekonomian secara  Nasional, di tengah proses pemulihan ekonomi Nasional yang tidak secepat perkiraan, perekonomian Lampung di triwulan II 2017 tumbuh cukup tinggi, yakni berkisar 5,03% (yoy), dan pada triwulan IV 2017 diperkirakan tumbuh cukup tinggi pada kisaran 5,0%-5,4% ,kata Agus Marto Wardodjo,Jum`at (19/1) di aula BI perwakilan Lampung. Menurut Agus, hal ini tentunya didorong oleh pesatnya pengeluaran konsumsi rumah tangga dan investasi di atas rata-rata historis dalam 3 tahun terakhir.

"Secara spasi pertumbuhan ekonomi Lampung  di atas pertumbuhan ekonomi Sumatera dan Nasional yang masing-masing sebesar 4,09% (yoy) dan 5,01% (yoy),"kata Agus.

Ke depan, lanjut mantan Mentri Keuangan tersebut, BI berharap pertumbuhan ekonomi terus membaik di dukung oleh harga komoditas yang masih tinggi dan perbaikan perekonomian dunia yang terus berlanjut,sehingga akan berdampak positif bagi kinerja ekspor Indonesia.

Maka, sejalan dengan peningkatan ekspor, investasi tentu akan diperkirakan terus meningkat didukung percepatan reformasi struktural untuk penciptaan iklim investasi yang semakin kondusif,khususnya di Provinsi.

Bank Indonesia terus mencermati berbagai perkembangan domestik dan eksternal, serta terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah daerah untuk memastikan stabilitas makroekonomi dan keuangan tetap terjaga.

Selain itu, pelonggaran kebijakan moneter yang telah ditempuh diharapkan semakin memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi,tandasnya.

Sementara Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo dalam sambutnya mengucapkan selamat kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lampung yang baru Budiharto Setyawan. Ridho mengatakan  tugas di Lampung tidak mudah ini memberikan tantangan sendiri buat beliau (Budiharto Setyawan).

Kami berharap kedepan dengan kepimpinan kepala Perwakilan Bank Indonesia Lampung yang baru dapat membantu meningkatkan perekonomian Lampung lebih baik lagi dalam meningkatkan sektor ketahanan pangan dan pengembangkan sektor Pariwisata.

Selain itu Ridho bangga bahwa Pariwisata di Provinsi Lampung semakin meningkat dan masuk skala 5 besar se-Indonesia tujuan wisata,singkatnya.
(her)