INVESTASI
Harga Minyak (pin/dok)
19/3/2018 08:15:20
718

Harga Minyak Global Turun Jadi US$62,11 Per Barel

Harianlampung.com - Harga minyak global pagi ini tergerus tipis setelah sebelumnya sempat melonjak naik 1,87 persen pada akhir pekan kemarin.

Senin (19/03) pukul 07.25 WIB, harga minyak west texas intermediate (WTI) untuk pengiriman April 2018 di New York Mercantile Exchange turun 0,37 persen ke level US$62,11 per barel setelah sempat melonjak US$62,34 per barel pada hari terakhir perdagangan pekan lalu.

Kondisi sama juga dialami harga minyak brent untuk pengiriman Mei 2018 di ICE Futures turun 0,29 persen ke level US$66,02 per barel. Jumat lalu, harga minyak ini melonjak 1,67 persen ketimbang hari sebelumnya.

International Energy Agency (IEA) dan OPEC pekan lalu melaporkan kenaikan persediaan minyak global. Padahal, stok minyak global ini turun dalam tujuh bulan berturut-turut sebelumnya.

Dua lembaga ini ditambah dengan Energy Information Administration (EIA) di Amerika Serikat (AS) belum memperhitungkan pertumbuhan pasokan di luar OPEC, terutama dari AS. Alhasil, prediksi bahwa permintaan akan lebih tinggi ketimbang pasokan minyak tahun ini bisa meleset.

Ketiga lembaga ini memperkirakan, pasar minyak global masih berpeluang surplus di tahun ini.

"Kami melihat, pasar minyak lebih rapuh daripada kelihatannya. Pasokan mulai mengejar permintaan yang tumbuh tinggi," kata head of commodity research Julius Baer, Norbert Ruecker, kepada Reuters.

Menurut data IEA, persediaan minyak di negara-negara industri yang lebih mudah dipantau, turun hampir 200 juta barel dalam 12 bulan terakhir. Tapi, laju penurunan ini mengecil ketimbang sebelumnya.

Prospek harga minyak yang menurun ini pun tampak pada kondisi harga yang terbalik. Harga untuk pengiriman segera lebih tinggi ketimbang harga kontrak masa depan.
(pin)