INVESTASI
Bandara Soekarno Hatta (pin/dok)
16/4/2018 09:37:14
591

Runway III Bandara Soeta Dibangun Juli 2018

Harianlampung.com - PT Angkasa Pura II menargetkan pembangunan runway III Bandara Internasional Soekarno Hatta (soeta), Tangerang dimulai pada Juli 2018 hingga Agustus 2019.

"Runway sendiri sampai saat ini masih dalam proses pembebasan lahan yang sudah dilakukan sekitar 60 persen dengan total luas dari 216 hektare saat ini sudah bebas 115 hektare. Dan, kami targetkan selesai pada Desember 2018," kata Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin, Minggu (15/04).

Menurut Awaluddin, nantinya, pembangunan runway III secara bertahap akan dilakukan pada Juli untuk lokasi lahan yang sudah dibebaskan. Sementara itu, untuk anggaran yang disediakan sebesar Rp1,8 Trilliun dengan pembangunan runway tahap pertama akan mencakup pekerjaan geoteknik, perkerasan (pavement), drainase, jembatan dan pagar yang diyakini akan meningkatkan pergerakan pesawat.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan adanya runway III dan pergerakan pesawat yang meningkat, diyakini pula akan meningkatkan jumlah penumpang atau pengguna jasa penerbangan di Bandara Soetta.

"Tak hanya runway, tetapi ada juga taxi way yang semuanya ditargetkan beroperasi pada 2019. Dengan ini kita yakini, pada tahun 2025 Bandara Soetta dapat meningkatkan jumlah penumpang dari 63 juta menjadi 100 juta penumpang. Serta, pergerakan pesawat dari 73 menjadi 114 pergerakan per jam," kata Budi sambil  memantau pprogres rencana pengerjaan runway III dan taxi way di Bandara Soetta, Tangerang.
(pin)