INVESTASI
Hamartoni dan Budiharto Setyawan (pin)
17/4/2018 23:34:04
777

BI: Awasi Volatile Food

Harianlampung.com - Komoditas peyumbang inflasi terbesar dalam tiga tahun adalah volatile food alias komponen bergejolak. Apakah komponen itu, ini penjelasannya menurut Kepala Perwakilan Bank indonesia Provinsi Lampung Budiharto Setyawan.

Menurut Budiharto, komoditas penyumbang inflasi komponen bergejolak (Volatile Food) periode Ramadhan terbesar dalam tiga tahun terakhir diantaranya adalah bawang putih, telur ayam ras, cabai merah dan cabai rawit.

"Untuk Volatile Food harus menjadi prioritas dijaga agar selalu stabil sehingga tidak memberikan dampak lanjutan pada inflasi inti," katanya. Ia juga mengingatkan pentingnya penguatan koordinasi dan pembangian kewenangan yang jelas pada seluruh anggota TPID.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Perekonomian Provinsi Lampung Lukmansyah mengatakan akan terfokus pada 4 (empat) hal yakni pengendalian inflasi ketersedian pasokan, pengendalian inflasi pada keterjangkauan harga, pengendalian inflasi pada kelancaran distribusi dan pengendalian inflasi pada komunikasi ekspektasi.

Dalam rakor ini, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiharto Setyawan menandatangani Program Kerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinisi Lampung Tahun 2018.
(her)