INVESTASI
Pasar lelang komoditi Kopi (her/pin)
23/7/2018 10:10:50
832

Pasar Lelang Komoditi Kopi Dihadiri Ketua MPR Zulkifli Hasan

Harianlampung.com - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan hadir pada acara pasar Lelang Komoditi Kopi yang digelar Dinas Perdagangan ( Disdag)  Provinsi  Lampung dalam rangka festivàl Kopi Lampung Barat di Desa Ringis Jaya Kecanatan Air Hitam.

Pasar lelang Komoditi Kopi hadir pula Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementan RI. Ir. Bambang. MM yang didamping Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Ir.Ferynia.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan bangga atas hasil kekayaan bumi Lampung dan Lampung Barat sebagai andalam Kopi yang terkenal hingga manca negara.

"Saya bangga dengan hasil komoditas kopi di Lampung Barat,ini harus di budidayakan agar lebih meningkat," kata Zulkifli Hasan, Minggu (22/7).



Adanya pasar lelang yang sekaligus festival kopi merupakan daya tarik tersendiri dan memilki nilai sejarah dalam sektor hasil komoditas pertanian, singkat dia.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag)  Provinsi Lampung Ir.Ferynia mengatakan, program Kementrian Perdagangan melalui Badan Pengawas Berjangka Komoditi (Bappebti) kali ini merupakan kegiatan pasar lelang yang berkesan luar biasa,karna kegiatan pasar lelang bersamaan dengan kegiatan Festival Kopi di Lampung Barat, ujar dia.

Menurut dia, media kegiatan pasar lelang kali ini sangat antusias dihadiri.masyarakat,dikarenakan berbarengan dengan Fstival Kopi, dan akan lebih lebih mendukung visi Provinsi Lampung sebagai pusat agrobisnis terkemuka dan berdaya saing global dan berkelanjutan, ungka Ferynia.

"Ini salah satu peran strategis dalam mendukung perekononiab secara Nasional`" kat Ir.Ferynia.

Karena kata dia, di era globalisasi ekonomi dan dorongan sektor perdagangan bebas tentu akan menyebabkan terjadinya persaingan ketat dalam sektor perdagangan,maka tentu dibutuhkan berbagai inovasi dan peran petani,padagang,pengepul serta staekholder, ungkap dia.

Maka,pasar lelang akan mampu merubah sistem pemasaran yang lebih baik dan lebih efisien dan solusi yang ditawarkan dengan mengembangkan suatu pasar dalam bentuk lelang komoditi online, tandas dia.

Sementara, Ketua panitia pasar lelang Ir.Ofrial menambahkan, kegiatan pasar lelang kali ini merupakan kegiatan lelang ke III dan menjadikan lebih sukses karna berbarengan dengan Festival Kopi,kata dia.

" Pasar lelang ini juga dihadiri peserta dari Provinsi Bengkulu,selain dari Kabupaten se Provinsi Lampung," kata Ir.Ofrial.

Menurutnya, kegiatan yang mengacu pada DIPA pengembangan perdagangan Dalam Negeri tahun anggaram 2017 nomor.090.02.3.129069/2028 serta adanya surat keputusan Kepala dinas Perdagangan tentang penunjukab panitia kegiatan pasar lelang daerah ke III ini, kami yakini akan merubah sistem perdagangan yang lebih baik, ujar Ofrial.

Tujuannya,tentu memfasilitasi antara petani dan kelompak tani serta gapoktan dengan para pembeli potensial,tambah dia.

Selain itu, meningkatkan nilai tambah dan nilai tawar produk hasil pertanian dan pasar yang terorganisir serta transparan, juga akan memperpendek mata rantai perdagangan komoditas, pungkas dia.
(her)