INVESTASI
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo (her/pin)
11/8/2018 15:02:35
554

Ridho: Bank BPD Agar Berperan Maksimalkan Membangun Daerah

Harianlampung.com - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mendorong Bank Pembangunan Daerah (BPD) agar memaksimalkan perannya dalam pembangunan daerah. Oleh sebab itu BPD diharapkan dapat meningkatkan kompetensi agar mampu bersaing dengan bank lainnya dan menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri.

Hal tersebut disampaikan Gubernur M Ridho Ficardo saat membuka penarikan undian Nasional Tabungan Simpanan Pembangunan Daerah (Simpeda) Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPD-SI) Periode ke-1 Tahun XXIX di 2018, di Ballroom Hotel Novotel, Bandar Lampung, Jum`at (10/8) malam.

"Hari ini persaingan dunia perbankan semakin keras. BPD merupakan anak kandung Pemerintah  Provinsi. Untuk itu, BPD harus meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Provinsinya guna mendukung dan berperan serta dalam mendukung pembangunan didaerahnya masing-masing," ujar Ridho.

Ridho juga menyampaikan atas nama Pemprov Lampung mengucapkan terimakasih kepada Direktur/Pimpinan BPD seluruh Indonesia yang telah datang ke Lampung.

"Dan terimakasih kepada Asbanda yang telah menjadikan Lampung sebagai tuan rumah penarikan undian Nasional Tabungan Simpeda Periode 1 ke XXIX. Semoga Asbanda mampu menggelar kegiatan lainnya di Lampung," jelas Ridho.

Terlaksananya acara pengundian ini, lanjut Gubernur, merupakan hasil dari pengelolaan manajemen bank yang semakin efisien.

"Kegiatan ini merupakan hasil manajemen yang efisien dan adanya kesadaran masyarakat yang semakin baik dan sadar akan keberadaan BPD," jelasnya.

Gubernur Ridho menyampaikan imbauan Presiden Jokowi agar BPD memaksimalkan penyaluran kredit.

"Dalam mengupayakan hal ini, BPD perlu upaya dalam pemberdayaan dan pelatihan terhadap pelaku ekonomi, tertutama UMKM, sehingga kredit dapat tersalurkan," jelasnya. 

BPD diharapkan memiliki kemampuan lebih besar dan mampu memberikan dukungan kepada daerahnya sehingga dapat menggerakkan perekonomian daerah, terutama terhadap UMKM.

"Tantangan ke depan semakin besar. Kita tidak hanya berbicara keuntungan, tetapi bagaimana membawa kemajuan terhadap pembangunan daerah," kata dia.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Asbanda (Asosiasi Bank Pembangunan Daerah) Kresno Sediarsi menjelaskan acara Penarikan Undian Nasional Tabungan Simpeda terus dilaksanakan dengan berkeliling di seluruh daerah Indonesia sebagai upaya memperkenalkan kepada masyarakat.

"Tabungan BPD di seluruh Indonesia terus mengalami peningkatan.

Hal ini terbukti hingga bulan juni periode 1 tahun ke-XXIX, jumlah tabungan mencapai sebanyak Rp48,19 triliun," jelas Kresno.

Dia menjelaskan sebagai BPD sudah selayaknya untuk berbangga diri.

Tentunya tabungan ini juga berperan untuk mendorong dan meningkatkan pembangunan didaerahnya masing-masing.

"Ke depan kita akan terus meningkatkan kualitas produk dan layanan Simpeda, sehingga dapat menjadi pilihan masyarakat dalam menabung dan bersaing dengan bank lainnya," jelasnya.  Tresno mengungkapkan terimakasih kepada Gubernur Lampung yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

"Semoga kegiatan ini mampu mendorong dan meningkatkan pembangunan daerah di seluruh Indonesia," terangnya.

Sementara, Direktur Utama Bank Lampung Eria Desomsoni, selaku tuan rumah, mengucapkan terimakasih kepada Asbanda yang telah memberikan kepercayaan kepada Bank Lampung untuk menjadi tuan rumah acara Penarikan Undian Nasional Tabungan Simpeda BPD Seluruh Indonesia Periode ke-1 Tahun XXIX di tahun 2018.

"Semoga melalui kebersamaan ini, BPD Seluruh indonesia mampu meningkatkan sinergitas dan mampu menghadapi berbagai tantangan kedepannya," jelas Eria. 

Dia menjelaskan sebelumnya pihaknya juga telah melaksanakan Seminar nasional bertemakan  Strategic Positioning Bank Pembangunan Daerah sebagai Bank of Regional Champion yang dihadiri oleh 26 BPD dari seluruh Indonesia.

Dalam acara itu, Gubernur Ridho mengambil kesempatan pertama melakukan pengundian berhadiah Rp500 juta, disusul dengan pengundian hadiah kedua masing-masing Rp100 juta.

Selain itu, terdapat pengundian hadiah ketiga masing-masing Rp50 juta untuk 26 pemenang.

Hadiah keempat Rp 5 juta untuk 26 pemenang serta hadiah kelima masing-masing Rp 2,5 juta untuk 26 pemenang.

Kemudian hadiah keenam Rp 2 juta untuk 52 pemenang, hadiah ketujuh masing-masing Rp 1,5 juta untuk 104 pemenang, dan hadiah kedelapan masing-masing Rp 1 juta untuk 345 pemenang. Dengan total hadiah mencapai Rp6 miliar.
(her)