INVESTASI
Pasar lelang komoditi agro ke VI 2018 (her/pin)
15/11/2018 15:02:18
751

Disdag Lampung Bahas Komoditi Kopi Robusta di Pasar Lelang ke VI Tahun 2018

Harianlampung.com - Dinas Perdagangan Provinsi Lampung membahas berbagai komoditas terutama Kopi Robusta dalam menjadikan kebanggaan dan upaya terobosan ciri khas daerah yang saat ini komodoti tersebut mendunia.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Ir Ferynia mengatakan, jika setiap kita melaksanakan pasar lelang komoditi agro rasanya sudah waktunya membahas satu varian komoditi kopi Robusta yang menjadikan ciri khas Kopi Lampung, ujarnya.

"Kopi Robusta telah dikenal di berbagai negara luar, maka saatnya membahas upaya bagaimana kopi Robusta menjadi Icon setiap tamu datang ke hotel di Lampung," kata Ir Ferynia Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung di Balaikop Provinsi Lampung, Kamis (15/11).

Menurutnya, podium ini sejak tahun 1985 sejak Diskoperindag yang masih nomenklatur alam, masih bermaaat hingga saat ini di Balaikop dan menjadi saksi semua kegiatan pembangunan perdagangan, ujarnya.

Saya senang kehadiran perwakilan dari Sumatera Barat, para perwakilan perhotelan di Bandarlampung, karena mitra perhotelan merupakan mitra dalam pasar lelang yang saat ini menyajikan makanan khas Lampung seperti, seruit,yang saat ini telah dikembangkan oleh perhotelan seperti, jenis lalapan,makanan sekubal dengan daun pisang, daun nangka,srikaya ketan dengan durian dan minuman khas Lampung legit sebagai menu well come drink minuman gula aren atau bandrek dan aneka juice yang bisa di paduka  dengan aneka buah.

Kopi Lampung harus menjadikan ciri khas wajib sebagai well come drink yang diharapkan menjadi andalan utama Kopi Robusta Lampung

"jadikan semua perhotelan menyajikan kopi Robusta khas Lampung. Karna kopi Lampung pemasok dalam menopang sektor komoditi terbesar di Nasional bahkan Internasional," kata Ir Ferynia.

Selain itu, jenis lada hitam yang menjadikan komoditi unggulan Provinsi Lampung yang telah mengikuti ajang kompetisi di Kementrian UMKM Jakarta,,tambahnya.

Nantinya,akan ada rencana ditampilkan sajian  baru kopi lada hitam ke Eropa. Maka, peracik kopi Lampung terus berinovasi dalam menciptakan sajian kopi dengan perpaduan cita rasa yang menjadikan khas misalnya saat mengunjungi hotel, kata dia.

Saat ini, kata Ferynia, kita telah bisa mengajak tamu tamu luar yang berkunjung  ke Lampung jika menanyakan dimana tempat minum kopi Lampung, kita telah siap, tambah Ferynia.

Menurut Ferynia, Nestle telah menjual kopi jenis Robusta yang merupakan kopi Lampung asli dijual ke berbagai negara.

Dan varian Kopi Kapal Api merupakan 100 persen adalah kopi asli Robusta Lampung bukan kopi asal daerah lain.

Kegiatan Pasar lelang komoditi agro yang saat ini telah 58 kali pasar lelang digelar dan sejak tahun 2012 dimulai,  sudah wajib kita mencari upaya terobosan membahas satu komoditi agar sukses. Contohnya Kopi Robusta yang memiliki peluang ke berbagai negara, untuk saat ini pasar lelang masih terorganisir di berbagai banyaknya komoditi.

UKM kita telah di promosikan ke berbagai negara sebagai perwakilan perdagangan di luar Negeri. Lampung Provinsi pertama yang mengirim pameran kopi ke luar negara, tandas Ir Ferynia.

Sementara, Ketua Panitia Pasar lelang komoditi agro ke VI V tahun 2018 Ir Ofrial menambahkan, kegiatan pasar lelang merupakan sebagai memfasilitasi antara petani,kelompok tani, penjual dan pembeli potensial. Selain itu, guna meningkatkan nilai tambah dan nilai tawar produk hasil pertanian, efisiensi pasar dan menciptakan pasar yang transparan juga memperpendek mata rantai.

Menurut Ofrial, kegiatan pasar lelang hari ini akan belajar fokus membahas upaya terobosan dalam memajukan dan meningkatkan gairah perekonomian.

Kita berharap, dengan banyaknya kehadiran para peserta pasar lelang tentu ada lengkah dan upaya menuju pasar lelang yang maju dan sejahtera, harapnya.
(her)