INVESTASI
Himbauan di perlintasan sebidang.(nti/her)
04/5/2019 14:06:50
591

Tingkatkan Kesadaran Keselamatan di Perlintasan Kereta Api, Dukung MRSF

Harianlampung.com - Direktorat Keselamatan Perkeretaapian menyelenggarakan kegiatan Gerakan Nasional Selamat di Perlintasan Kereta Api, salah satunya di Hajimena, Lampung selatan guna mendukung kegiatan Millenial Road Safety Festival (MRSF) yang diselenggarakan kepolisian RI dan menciptakan sinergitas antara stakeholder dalam meningkatkan keselamatan perkeretaapian khususnya perlintasan sebidang.

Menurut  kasubdit kerja sama dan pengembangan usaha direktorat lalu lintas dan angkutan KA Widianto,  mengungkapkan bahwa perkeretaapian sebagai salah satu moda transportasi dalam sistem transportasi nasional yang tidak dapat dipisahkan dari moda transportasi lain, perlu dikembangkan potensi dan ditingkatkan peranannya sebagai penghubung wilayah, baik nasional maupun internasional untuk mendorong dan menggerakkan pembangunan nasional guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Menurutnya, prraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 2009 menyebutkan bahwa pelanggaran oleh pemakai jalan pada perlintasan sebidang kereta api yang menyebabkan kecelakaan adalah bukan merupakan kecelakaan perkeretaapian.



"Berdasarkan data Direktorat Keselamatan dan Keamanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) tingkat kecelakaan yang terjadi di perlintasan sebidang jalur kereta api masih terus terjadi setiap tahunnya. Pada 2018 terjadi 395 kecelakaan di perlintasan, dengan korban jiwa 245 orang, meliputi luka ringan, luka berat, bahkan meninggal dunia," kata Widianto.

Sementara itu Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Sulthon Hasanudin, menyebutkan kegiatan tersebut dalam rangka penanganan perlintasan kereta api, khususnya perlintasan sebidang teregister dan tidak dijaga.

“Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran, keselamatan di perlintasan serta mengendalikan risiko terjadinya kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api, karna tanggung jawab kami untuk menjamin keselamatan penumpang sampai tujuan dengan keselamatan dan tepat waktu " kata Sulthon.

Sukses berharap.kerjsama dan kegiatan dalam bentuk keselamatan bersama dan demi tujuan yang baik ini,kami berharap semua pihak saling membantu,terutama kesadaran masyakarat pengguna jalan di area perlintasan sebidang,harap Sulthon.(
(nti/her)